Perkembangan kasus COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur mulai bergerak turun meskipun ada penambahan kasus positif tujuh orang dan sembuh tujuh orang berdasarkan data terkini Dinas Kesehatan wilayah setempat, Sabtu.


Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak di Samarinda, Sabtu, mengatakan secara akumulatf jumlah kasus positif COVID-19 di wilayah setempat sudah mencapai 1.433 kasus.

"Penambahan tujuh kasus positif terbaru terjadi di Paser sebanyak empat kasus, Berau dua kasus, dan Samarinda satu kasus," katanya melalui rilis harian secara virtual.

Untuk tambahan tujuh pasien yang dinyatakan sembuh, kata dia, tersebar di Berau lima kasus, Balikpapan satu kasus, dan Kutai Timur satu kasus.

"Secara akumulatif jumlah kasus pasien sembuh sebanyak 910 orang, sementara 491 orang masih menjalani perawatan medis," kata Andi Muhammad Ishak.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim itu, juga menginformasikan adanya tambahan satu pasien meninggal.

"Satu orang pasien meninggal berasal dari Kabupaten Paser dan menjadikan jumlah kasus meninggal COVID-19 di Kaltim menjadi 31 orang," kata dia.

Ia mengimbau masyarakat lebih tertib dalam menerapkan protokol kesehatan, khususnya di tempat umum.

"Jangan lupa cuci tangan dengan sabun ketika masuk di pusat keramaian dan juga mengecek suhu tubuh sebagai antisipasi dini dari gejala penyakit," kata dia.

Dia menambahkan pola hidup bersih dan sehat, dengan makan makanan bergizi, berolahraga, dan berjemur pagi hari dinilai efektif untuk meningkatkan imunitas tubuh.

"Bagi yang sudah terkonfirmasi positif, imunitas yang baik akan mempercepat proses penyembuhan COVID-19," kata Andi Muhammad Ishak.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020