Tanjung Selor  (ANTARA News Kaltim) - Sebuah Koperasi Serba Usaha (KSU) di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Timur, berhasil memproduksi air minum dalam kemasan.

Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak, pada peresmian produksi perdana air minum dalam kemasan di Tanjung Selor, ibukota Kabupaten Bulungan, Kamis, menyatakan, KSU Ikhtiar Mahabbah merupakan koperasi pertama di Indonesia yang memiliki unit usaha memproduksi air minum dalam kemasan.

"KSU Syariah Ikhtiar Mahabbah merupakan satu-satunya koperasi yang memiliki unit usaha produksi air minum dalam kemasan sehingga Pemerintah Provinsi Kaltim memberikan apresiasi atas kreatifitas tersebut," katanya.

Peresmian produksi perdana air minum IM yang di Kabupaten Bulungan tersebut merupakan rangkaian kunjungan kerja gubernur di Wilayah Utara Kaltim yang berlangsung mulai 9 hingga 15 Juli 2012.

"Semestinya, hari ini saya harus berada di Kalimantan Tengah menghadiri peringatan Hari Koperasi yang dipimpin Wakil Presiden RI, Boediono. Namun, karena saya menilai ini merupakan kegiatan yang tak kalah penting sehingga saya meminta Wakil Gubernur Kaltim, Farid Wajdy menggatinkan saya menghadiri hari koperasi tersebut," kata Awang Faroek Ishak.

Pada kesempatan itu, Awang Faroek Ishak langsung memesan 1. 000 botol air minum kemasan yang disebutkan akan dibagikan pada sebuah kegiatan di Kabupaten Ktai Timur.

Apresiasi lainnya, Pemerintah Provinsi Kaltim lanjut dia akan memasukkan KSU Ikhtiar Mahabbah sebagai salah satu penerima penghargaan pada Hari Ulang Tahun Provinsi Kaltim pada Januari 2013.

"Pemberian penghargaan tersebut sebagai upaya merangsang koperasi lainnya untuk melakukan berbagai terobosan sehingga koperasi tidak hanya sebagai wadah simpan pinjam yang hanya menghimpun dana dari anggotanya tetapi ada unit usaha lainnya yang dapat mensejahterakan anggotanya, seperti terobosan KSU Syariah Ikhtiar Mahabbah," ungkap Awang Faroek Ishak.

Direktur KSU Syariah Ikhtiar Mahabbah, Ali Muhajir Syamsudin, mengaku koperasi yang dikelola bersama 300 anggota lainnya memiliki tiga unit usaha yakni, agrowisata, simpan pinjam serta pabrik air minum dalam kemasan.

Investasi pada pembuatan pabrik air minum dalam kemasan tersebut yakni Rp1,5 miliar.

"Semua ini berkat bantuan dan dukungan Bupati Bulungan, Budiman Arifin serta Pemerintah Provinsi Kaltim. Air minum kemasan yang kami beri nama IM tersebut sudah berstandar nasional bahkan internasional sehingga dapat dijual dimanapun.

Menurut dia, pihahknya i juga sudah menggunakan teknologi informasi sehingga air kemasan KSU Ikhtiar Mahabbah ini sudah terjamin dan bisa bersaing dengan air mineral lainnya.

"Dukungan lainnya yang diberikan Bupati Bulungan yakni meminta seluruh SKPD agar menggunakan air minum IM pada setiap kegiatan," ungkap Ali Muhajir Syamsudin. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012