Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memberikan bantuan cadangan pangan pemerintah (CPP) berupa beras sebanyak 11.430 kilogram kepada 1.514 warga di sembilan kecamatan di Kabupaten Kutai Timur.


Bantuan CPP dari Pemprov tersebut diserahkan oleh Gubernur Kaltim H Isran Noor kepada Bupati Kutai Timur H Ismunandar di Halaman Kantor Gubernur, bersamaan dengan penyerahan bantuan kepada kepala daerah se-Kaltim yang disaksikan Wagub Hadi Mulyadi, Plt Sekprov Sabani dan seluruh pimpinan jajaran Pemprov serta tamu undangan lainnya di Samarinda, Selasa (23/6).

Gubernur Kaltim H Isran Noor mengatakan, program ini merupakan amanah dari Undang-Undang Pangan Nomor 18 Tahun 2012 sekaligus juga amanah dari Perda Pemprov Kaltim dan Pergub Nomor 22 Tahun 2017 mengenai tanggung jawab dan peran pemerintahan daerah dalam menyiapkan serta mengatasi masalah pangan menggunakan dana APBD Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

"Semoga apa yang kita laksanakan ini, akan bermanfaat bagi masyarakat yang menerima bantuan cadangan pangan dari Pemprov Kaltim," kata Isran Noor.

Gubernur berpesan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam program ini agar bisa melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya.

Walaupun Kaltim diakui Isran Noor terlambat memberikan bantuan sosial di masa pandemi COVID-19 dibandingkan daerah-daerah lain, namun dipastikan tidak ada permasalahaan apapun mengenai keterlambatan tersebut.

"Biarkan saja kita terlambat, tapi kita selamat," katanya.

Sementara itu Bupati Kutai Timur Ismunandar mengapresiasi program Pemprov Kaltim dalam mengurangi beban masyarakat di saat pandemi virus corona yang melanda seluruh wilayah Indonesia ini.

"Kami (Pemkab Kutai Timur) mengapresiasi upaya keras Pemprov Kaltim. Masalah (dampak pandemi COVID-19) ini memang harus kita hadapi bersama-sama. Semoga pandemi ini segera berlalu dan masyarakat tidak lagi dalam masalah," kata Ismu yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kutai Timur ini.

Sementara itu Plt Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Kaltim Dadang Sudarya menyampaikan bantuan untuk dampak pandemi COVID-19, yaitu bantuan CPP Kaltim sebanyak 126.350 Kg beras untuk 16.842 jiwa. Bantuan itu disebar untuk 10 kabupaten kota se-Kaltim.

"Untuk Kabupaten Kutai Timur adalah 11.430 Kg beras yang akan didistribusikan ke 1.514 jiwa di sembilan kecamatan di Kutai Timur," ujarnya.

Pewarta: Arumanto/Wardi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020