Balikpapan  (ANTARA News Kaltim) - Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subekti memimpin serah terima jabatan (sertijab) Kepala Staf Kodam VI Mulawarman dari pejabat sebelumnya Mayjen TNI Sudjatmiko kepada Brigjen TNI Wiyarto.

Menurut perwira Penerangan Kodam VI Mulawarman Mayor Kav Ashwari Jadi, Selasa, serah terima itu ditandai dengan penandatanganan naskah berita oleh pejabat lama dan baru yang disaksikan Pangdam VI/Mulawarman.

Acara dilanjutkan dengan penyematan tanda jabatan kepada Mayjen Sudjatmiko, yang selanjutnya mendapat promosi jabatan menjadi Staf Ahli Panglima TNI Bidang Polhukam.

Brigjen TNI Wiyarto SSos sebelum menjadi Kasdam adalah Wakil Asisten Bidang Personel di Mabes TNI AD dan masih mengikuti pendidikan Lemhanas di Jakarta.

Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subekti mengatakan, rotasi tersebut merupakan dinamika dalam pengembangan organisasi dan pembinaan satuan.

"Serah terima jabatan dalam suatu organisasi merupakan hal yang wajar dan biasa dilakukan dengan mempertimbangkan aspek, seperti sinkronisasi antara pembinaan personel dan pembinaan satuan, serta kebutuhan organisasi sekaligus sebagai upaya untuk lebih meningkatan kinerja organisasi," terangnya.

Subekti juga menyatakan jabatan yang diperoleh kedua pejabat ini bukanlah sebagai hadiah namun kelayakan menjadi perwira tinggi yang terlatih dan cakap.

"Kodam VI/Mlw ini merupakan Kodam yang sangat strategis. Memiliki wilayah yang cukup luas dan berbatasan langsung dengan negara tetangga sehingga dituntut perwira yang baik," tandasnya.

Pangdam juga mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada Mayjen TNI Sudjatmiko beserta istri atas dedikasi, loyalitas dan pengabdiannya dalam mengemban tugas dan tanggung jawab jabatannya selama ini.

Pangdam kepada Kasdam baru Brigjen TNI Wiyarto, berpesan untuk segera membangun komunikasi yang sinergis dengan aparat keamanan yang lain, termasuk menjalin kemitraan dengan Pemda dan masyarakat Kaltim.

"Hubungan yang baik dengan unsur Polri, Pemda, serta instansi terkait dengan organisasi kemasyarakatan, LSM dan kepada seluruh masyarakat di Kaltim harus tetap dibangun. Sehingga tugas pokok akan berjalan baik dan saya yakin beliau dapat melaksanakan tugas itu dengan tidak kesulitan," katanya.

Usai sertijab Kasdam VI/Mulawarman, dilanjutkan sertijab Wakil Ketua Persit KCK PD VI/Mlw dari Ny Ratna Sujatmiko kepada Ny Paramitha Wiyarto. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012