Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Kabupten Penajam paser Utara (PPU), Kaltim, kembali mengumumkan kesembuhan dua pasien sehingga total pasien yang sembuh dari virus corona di kabupaten ini menjadi 14 orang.


"Ada dua pasien yang dilakukan pemeriksaan Real Time PCR Jumat kemarin dengan hasil negatif, kemudian berdasarkan pemeriksaan dokter yang merawat dinyatakan sembuh," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten PPU Arnold Wayong di Penajam, Sabtu.

Hal itu disampaikan Wayong saat melakukan rilis di Posko Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten PPU.

Saat penyampaian rilis itu, Wayong didampingi oleh Direktur RSUD Ratu Aji Putri Botung PPU Jensje Grace Makisurat dan dari Tim Surveilens Gugus Tugas COVID-19 Ahmad Pada Elo.

Wayong yang juga Kepala Dinas Kesehatan PPU ini menuturkan, dua pasien yang dinyatakan sembuh ini masih merupakan bagian dari rangkaian Klaster Gowa. Keduanya sebelumnya telah menjalani proses pengobatan dan perawatan di RSUD Ratu Aji Putri Botung.

Dua pasien yang sembuh itu adalah, pertama berkode 09, laki-laki, usia 47 tahun, dengan alamat Kelurahan Nenang, RT 47, Kecamatan Penajam, PPU.

Kedua adalah pasien dengan kode 11, laki-laki, berusia 33 tahun, dengan alamat Desa Labangka, RT 09, Kecamatan Babulu, PPU.

Ia melanjutkan, pasien 09 dan 11 ini sebelumnya atau pada 6 April 2020 dilakukan rapid test oleh tenaga kesehatan di Puskesmas pada wilayah masing- masing dengan hasil reaktif.

Langkah selanjutnya kemudian dilakukan pengobatan dan perawatan intensif di RSUD Ratu Aji Putri Botung sejak tanggal itu juga, sekaligus sebagai persiapan untuk pengambilan Swab PCR di tanggal 07 April.

"Sama dengan pasien yang lain, dua pasien ini juga berulangkali dilakukan pemeriksaan PCR dan evaluasi. Tercatat ada 4 kali dilakukan PCR evaluasi, terakhir tanggal 23 dan 24 Mei 2020 dengan hasil yang kami terima tanggal 29 Mei, yakni hasilnya negatif COVID-19," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Wayong juga menyampaikan data terakhir dari tim surveilens dan data yang diinput oleh Dinas Kesehatan setempat.

"Hari ini jumlah kasus COVID-19 di Kabupaten PPU masih tetap 19 kasus, dengan rincian ada 14 orang dinyatakan sembuh atau mencapai 73,68 persen kesembuhan, kemudian masih ada 5 orang lagi yang masih dalam pengobatan di RSUD Ratu Putri Aji Botung," katanya.

Ia juga megharapakan dukungan dan doa dari seluruh masyarakat PPU agar pandemi ini segera berlalu, maka dukungan yang bisa dilakukan masyarakat adalah tetap mematuhi anjuran pemerintah dalam menjalankan protokol kesehatan. 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020