Samarinda (ANTARA News Kaltim) - PT Jamsostek (Persero) Cabang Samarinda menggelar kegiatan Kesehatan Cuma-Cuma bekerja sama dengan Rumah Sakit Islam Samarinda dalam bentuk khitanan massal dengan menggunakan teknologi laser, Sabtu (23/6).

Kepala PT Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Samarinda, Kusumo SE MM, Selasa, mengatakan, Dana Kesehatan Cuma-Cuma tahun 2012 itu dialokasikan dalam bentuk khitanan massal sebanyak 80 anak yang terdiri dari anak peserta Jamsostek, lingkungan perusahaan dan kantor PT Jamsostek (Persero) Samarinda.

"Khitanan massal ini kita laksanakan bertepatan dengan Liburan Sekolah anak-anak sehingga tidak mengganggu kegiatan sekolah. Dengan tujuan untuk membantu meringankan beban biaya Peserta program

Jamsostek khususnya dan masyarakat lingkungan pada umumnya," katanya.

Kusumo berharap anak-anak yang dikhitan dapat segera sembuh, diberikan keselamatan dan kesehatan oleh Allah SWT.

Acara khitanan massal itu dihadiri pimpinan Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda, ketua serikat pekerja, serta pimpinan Rumah Sakit Islam Samarinda.

Kusumo mengatakan pelaksanaan program jamsostek di Kota Samarinda telah berjalan dengan baik yang dibuktikan dengan pertumbuhan kepesertaan program Jamsostek dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan di mana dalam tahun 2011 penambahan peserta aktif sebanyak 195 perusahaan dengan 19.041 tenaga kerja dan pada tahun 2012 sebanyak 98 perusahaan dengan 7.884 tenaga kerja.


"Hal tersebut juga menunjukan bahwa tingkat kesadaran para pengusaha terhadap perlindungan sosial tenaga kerja sudah semakin baik. Demikian juga peran pemerintah dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan program Jamsostek juga semakin baik pula," katanya.   

Kusumo mengatakan, dalam rangka upaya meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya, PT Jamsostek (Persero) selalu berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk peserta dengan melakukan perbaikan-perbaikan dalam pelayanan dan peningkatan manfaat kepada peserta, selain memberikan kepastian perlindungan atas risiko sosial melalui program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Pemeliharaan Kesehatan dan jaminan Hari Tua.

Ia menambahkan, melalui Program DPKP (Dana Peningkatan Kesejahteraan Peserta) PT.Jamsostek (Persero) juga memberikan berbagai bentuk bantuan kepada peserta dalam baik dalam bentuk Pinjaman maupun Hibah di antaranya yaitu Bantuan PUMP (Pinjaman Uang Muka Perumahan), PRR (Pinjaman Renovasi Rumah), Beasiswa Jamsostek, dan Kesehatan Cuma-Cuma. (*)

Pewarta:

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012