Tenggarong (ANTARA News Kaltim) - Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Kutai Kartanegara akan memamerkan karya-karya foto terbaik yang menjadi pemenang dalam Lomba Foto Erau 2012 pada September mendatang.

"Rencananya hasil karya para pemenang juga akan kita pamerkan September nanti," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Kutai Kartanegara Dafip Haryanto melalui Kasubag Pengumpulan Data dan Informasi Ahmad Rianto di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Senin.

Selain kegiatan seni dan budaya, Pesta Adat Budaya Erau Kutai Kartanegara (Kukar) 2012 juga akan dimeriahkan dengan Lomba Foto Erau yang dilaksanakan oleh Bagian Humas dan Protokol Setkab Kukar bekerja sama dengan Lionmag-Inflight Magazine Lion Air.

Rianto menjelaskan pemenang kegiatan yang disponsori Bank Kaltim itu akan mendapatkan hadiah berupa uang. Juara I berhak atas Rp10 juta, juara II Rp7,5 juta dan juara III Rp5 juta. Sedangkan bagi lima orang pemenang harapan akan mendapatkan sertifikat.

Dikatakannya peserta akan dibagi dua kategori, yaitu kategori umum dan jurnalis dengan tema bebas. Waktu pengambilan foto dilakukan pada 1-8 Juli atau selama Festival Erau 2012 berlangsung.

Adapun dewan juri untuk semua kategori yaitu Paul I Zacharia yang merupakan fotografer dan penulis esai fotografi, dan Agus Leonardus pengajar fotografi di Nikon School, serta tim Lionmag.

Ia mengatakan, hasil karya peserta lomba paling lambat diterima oleh panita pada 28 Juli. Sedangkan penjurian akan dilakukan pada 1 Agustus dan direncanakan pengumuman pemenang dilakukan pada 3 September.

Lebih lanjut Rianto mengatakan semua foto peserta lomba dikirimkan dalam bentuk "softcopy" ke email lombafotoerau@gmail.com, dan "softcopy" dalam CD atau print foto dikirim ke sekretariat panitia di Bagian Humas dan Protokol Setkab Kukar pada Sub Bagian Pengumpulan Data dan Informasi, atau ke redaksi Lionmag Jl Teungku Cik Ditiro 77 Menteng Jakarta Pusat 10130.

"Selain menjadi ajang kreativitas para pecinta dan komunitas fotografi, lomba foto itu bisa semakin memperkuat dan memperluas informasi publikasi Erau agar semakin dikenal," kata Ahmad Rianto. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012