Bantuan sosial sembako dari Pemkab Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Sosial (Dinsos) masih terus berlanjut. Saat ini penyelesaian pendistribusian sembako tahap pertama sedang mencapai titik akhir penghabisan.


Menurut Kepala Dinas Sosial Kutim, Jamiatulkhair Daik menerangkan, saat ini jumlah bantuan yang disalurkan telah mencapai 27 ribu paket sembako. 

Jumlah itu memang terus bertambah karena sebelumnya tercatat data penerima bantuan sosial tersebut sebanyak 20 ribu kepala keluarga (KK) se-Kutim.

"Bantuan ini masih kami distribusikan untuk tahap pertama. Saat ini kami masih terus menyalurkan bantuan itu ke rumah-rumah warga, karena jumlahnya terus bertambah sampai 27 ribu," ungkap Jami (sapaan akrabnya) saat ditemui awak media usai rapat tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kutim di Kantor BPBD Kutim, Selasa (12/5) sore.

Lebih lanjut Jami menyatakan, mengingat dalam waktu dekat akan memasuki momen Idulfitri, maka tim Dinsos Kutim akan menuntaskan penyaluran tahap pertama terlebih dahulu sedangkan penyaluran tahap kedua akan dilakukan setelah itu.

"Saat ini belum selesai. Jadi habis Lebaran nanti baru kita lanjut lagi pendistribusian tahap kedua," terang dia.

Bupati Kutim Ismunandar yang berada di ruangan yang sama, turut memberi keterangan mengenai penyaluran sembako. 

Data penerima bantuan sosial terus bertambah karena kondisi saat ini membuat banyak warga terkena dampak COVID-19.

"Ya data itu memang RT sudah bekerja (mendata warga terdampak). Tapi warga melapor bahwa mereka juga terkena dampak. Karena banyak warga yang tadinya punya usaha sekarang jadi termasuk warga yang terdampak," ungkap Ismunandar kepada awak media. (hms15)

Pewarta: Wardi Kutim

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020