Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Kaltim berhasil meraih juara I pada penampilan stan terbaik kategori Pemerintah Daerah dalam rangka Hari Lingkungan Hidup di Pekan Lingkungan Indonesia (PLI) ke-16 Tahun 2012, di Jakarta Convention Center.

"Prestasi ini merupakan yang kedua kalinya diterima Pemprov Kaltim. Pada 2011 lalu, Kaltim juga meraih juara satu dengan kategori Pemerintah Daerah dan pada 2010 hanya meraih posisi kedua saja. Saya pikir, prestasi ini diraih berkat dukungan tim yang termasuk kelompok stand dari Kaltim, yakni terdiri dari BLH Kaltim, Kota Bontang, Samarinda, Tarakan, Kukar, Kubar, Kutim, PPU, Paser, Berau, Bulungan, Malinau, Nunukan dan BP Migas," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kaltim, H Riza Indra Riadi, di Kantor BLH Kaltim, Samarinda, Kamis (21/6).

Prestasi yang diraih ini menunjukkan bahwa Pemprov Kaltim bersama Pemerintah Kabupaten dan Kota se Kaltim kompak menyukseskan pengelolaan lingkungan hidup di daerah. Karena itu, untuk menyukseskan pengelolaan lingkungan yang baik, serta mendorong seluruh investor di Indonesia maupun luar negeri agar menanamkan modalnya dalam mendukung pengelolaan tersebut. Pemprov Kaltim melalui BLH Kaltim dan BLH Kabupaten dan Kota serta pihak Perusahaan BP Migas turut serta meriahkan Pekan Lingkungan Indonesia dengan mendirikan stan.

Melalui Pekan Lingkungan Indonesia diharapkan dapat memberi manfaat seluruh komponen bangsa dalam menggerakkan dan menggalakkan perhatian masyarakat untuk lebih memperhatikan lingkungan hidup, terutama di daerah.

"Pekan lingkungan ini diharapkan menjadi ajang penampilan prestasi dan program Badan Lingkungan Hidup di daerah dan juga sebagai sarana promosi dan publikasi berbagai produk dan jasa di bidang pengelolaan lingkungan. Kami berharap prestasi yang telah ini mendorong pemerintah dan masyarakat di daerah untuk lebih semangat dalam mengelola lingkungan hidup yang baik," jelasnya.

Tropi untuk Kaltim diserahkan Sekretaris Menteri Lingkungan Hidup, Hermien Roosita yang diserahkan kepada perwakilan BLH Pemprov Kaltim, yang diterima Kasubbag Umum BLH Kaltim, Baharuddin.
Dijelaskan, Pekan Lingkungan Indonesia meliputi pameran, seminar, workshop, talkshow, bazar, fieldtrip, panggung musik dan lomba-lomba tentang lingkungan hidup. PLI digelar sejak 14-17 Juni 2012 yang diikuti 202 peserta. (Humas Pemprov Kaltim)

Pewarta:

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012