Satuan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) melalui Denkesyah (Detasemen Kesehatan Wilayah) 06.04.01 Samarinda melakukan pengasapan atau fogging di seluruh perkantoran dan perumahan asrama TNI AD, Jl. Awang Long Kel. Bugis Kota Samarinda, guna mencegah terjangkitnya penyakit Demam Berdarah Dengeu (DBD).


"Fogging perlu dilakukan apa lagi daerah Samarinda  dan sekitarnya sering terjadi hujan selalu menimbulkan banjir  sehingga khawatir Prajurit dan PNS serta keluarganya terjangkit DBD yang berkembang biak dalam genangan air,” kata Kapenrem 091/ASN Kapen Arh Azrul Azis di Samarinda Minggu.

Ia mengatakan, fogging dilakukan bertujuan memberantas sarang nyamuk dan jentik nyamuk aedes aegepty yang dapat menyebabkan Demam Berdarah Dengue (DBD)  di lingkungan perkantoran dan asrama TNI, termasuk parit dan rumah warga yang ada di seputaran Korem 091/ASN.

Azrul Azis  juga mengajak  jajaran TNI dan masyarakat harus menjaga kebersihan lingkungan dan rumah masing-masing dan yeng lebih penting adalah menanamkan pola hidup sehat dan bersih.

Menurutnya dengan melakukan pola hidup bersih dan menjaga lingkungan tetap bersih, maka  dapat mencegah berkembang biaknya nyamuk yang membawa penyakit bagi manusia.  Lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Lebih lanjut Azrul Azis menjelaskan bahwa fogging sebenarnya kurang efektif apabila tidak ditindaklanjuti dengan Gerakan 3M. Mencegah lebih baik dari pada mengobati atau memberantas.

"Mari kita galakan kembali gerakan 3 M di wilayah kita masing-masing," serunya.
 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020