Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur, menggelar operasi gabungan bersama berbagai pihak terkait untuk mencegah penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dengan misi edukasi, keamanan, ketertiban dan larangan berkerumun.

"Prinsip operasi gabungan ini adalah untuk penegakan Instruksi Bupati Mahulu, sekaligus untuk menjaga keamanan serta upaya pencegahan penyebaraan COVID-19," ujar Ketua Tim Gerak Cepat (TGC) Kabupaten Mahakam Ulu Agustinus Teguh Santoso di Ujoh Bilang, Kamis.

Beberapa hal yang diinstruksikan oleh bupati dalam pencegahan penyebaran corona antara lain terus memberikan edukasi ke masyarakat, penyemprotan disinfektan, rajin mencuci tangan, pembagian vitamin, dan melakukan Operasi Tertib Masyarakat (OTM) secara gabungan.

"Operasi gabungan dilaksanakan TGC yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Mahakam Ulu dengan melibatkan berbagai pihak terkait," katanya.

Sejumah pihak yang dilibatkan dalam OTM ini adalah Koramil Long Bagun, Polsek Long Bagun, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Dinas Perhubungan, dan aparatur desa seperti Perlindungan Masyarakat (Linmas) atau Pertahanan Sipil (Hansip).

"Dalam hal ini, kami memberikan edukasi, imbauan, pembinaan, dan penegakan disiplin bagi masyarakat, seperti harus menggunakan masker saat ke luar rumah, kemudian tidak berkerumun karena kerumunan massa dapat memicu penularan COVID-19," tutur Teguh.

Ia juga mengatakan bahwa mulai pekan lalu Pemkab Mahakam Ulu juga melakukan sosialisasi gabungan dengan berkeliling menggunakan mobil, yakni aparatur gabungan melakukan penerangan dan imbauan ke masyarakat tentang pencegahan corona.

Untuk pekan ini, lanjutnya, kegiatannya difokuskan bagi masyarakat yang keluar rumah tidak menggunakan masker, sehingga tim memberikan pemahaman mengenai manfaat, tujuan, dan bahayanya jika tidak menggunakan masker, mengajarkan teknik mencuci tangan, dan pembagian masker gratis.

OTM, lanjut Teguh lagi, akan terus dilaksanakan hingga ke tingkat kecamatan-kecamatan yang tersebar di Mahulu, baik yang ada di hilir Sungai Mahakam atau yang berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat, maupun di hulunya yang berbatasan dengan Malaysia bagian timur.

Dalam pelaksanaan OTM, katanya, pihaknya bahkan sudah mengirimkan petunjuk pelaksanaan (juklak) ke seluruh TGC di kecamatan, sehingga melalui juklak ini kecamatan dipersilahkan menerapkan sesuai dengan sumber daya yang tersedia, sementara untuk pembiayaannya akan dibantu oleh TGC Kabupaten Mahakam Ulu.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020