Tanjung Redeb  (ANTARA News Kaltim) - PT Berau Coal menggelar lomba perahu panjang yang diikuti beberapa kelompok dalam rangkaian peringatan HUT ke-29 perusahaan tambang terbesar di Kabupaten Berau itu.

Dalam lomba yang digelar, Senin, di sepanjang tepian Sungai Segah itu, masyarakat terlihat antusias menyaksikan para peserta perahu panjang berlomba.

Masyarakat menonton jalannya lomba, baik dari tepian Gunung Tabur, juga sepanjang tepian Kota Tanjung Redeb.

Teriakan penonton yang memberikan dukungan kepada tim mereka yang berlaga semakin menyemarakkan kegiatan yang sudah membudaya bagi masyarakat Berau itu.

Perlombaan perahu panjang itu akhirnya dimenangkan oleh grup Perahu Naga Usiran disusul Juara 2 grup Bangun satu, juara 3 grup Perahu Jelau Tukung dan terakhir grup Perahu Buaya Kuning.

Tidak hanya itu, memberikan apresiasi kepada peserta pada urutan selanjutnya juga diberikan hadiah kepada grup perahu naga Uleng, naga Samudra, Perahu Angsa Putih dan perahu Maraga Sukma.

Lomba Perahu panjang merupakan tradisi sepanjang tahun masyarakat Kabupaten Berau yang selalu dirangkaikan dalam kegiatan hari bersejarah Kabupaten Berau.

Kegiatan kali ini dirangkaikan dengan kegiatan HUT PT Berau Coal yang ke-29. Walaupun demikian, lomba tersebut juga selalu diadakan setiap momen perayaan hari jadi kota Tanjung Redeb dan Kabupaten Berau.

Sebelumnya Bupati Berau Drs Makmur HAPK MM meminta adanya pertisipasi perusahaan, tidak hanya Berau Coal, namun juga perusahaan lain untuk melestarikan lomba perahu panjang yang sudah ada sejak jaman kerajaan di Kabupaten Berau.

"Kita berupaya agar setiap rangkaian kegiatan Berau Coal dapat memasukan lomba-lomba tradisional Berau kedalam acara, hal ini juga memang didasari untuk berpartisipasi mendukung upaya pelestarian seni budaya Berau oleh Berau Coal," kata Manager Public Relation Berau Coal Bintoro Prabowo. (*)

Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012