Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto didampingi Danrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen TNI Widi Prasetijono meninjau pelaksanaan  pembangunan Markas Korem (Makorem) 092/Maharajalila, di Jalan Semangka, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara,Selasa (3/3).


"Proses pembangunan Makorem 092/Maharajalila  sudah sesuai perencanaan ditarget 10 Oktober 2020 harus  sudah bisa terealisasikan," katanya usai melakukan peninjauan pembangunan Makorem 092/Maharajalila.

Mayjen TNI Subiyanto dalam keterangan persnya yang disampaikan Penerangan Korem 091/Aji Surya Natakesuma, Rabu (4/3) mengatakan jika lebih cepat lebih bagus tidak sampai lepas target dari rencana, agar bangunan Makorem  tersebut sudah bisa digunakan.

Sementara pelaksanaan pembangunan Makorem 092/Maharajalila, maka Danrem bisa menggunakan bangunan  yang  disiapkan oleh Pemda Kaltara yakni  gedung olahraga. Sedangkan kendaraan dinas dan rumah dinas sementara sudah dikoordinasikan oleh Dandim untuk mendapat dukungan dari pemerintah daerah.

Pangdam menambahkan dalam minggu ini, pejabat yang akan menjadi Danrem 092/Maharajalila dan staf sedang dirapatkan di Mabes AD  yang membawahi wilayah Kalimantan Utara.

“Nantinya di Kaltara akan dibangun satuan satuan baru seiring dengan pemindahan lokasi Ibu Kota Negara (IKN) ke Kaltim sebagai bagian dari rencana strategis TNI AD karena Kaltara berada di wilayah  perbatasan dengan negara tetangga,” sebutnya.

Pembentukan Korem 092/Maharajalila berdampak pada pelaksanaan alih Kodal beberapa Kodim di sebelah utara wilayah Kodam VI/ Mulawarman beralih kendali yang selama ini di bawah Korem 091/ASN dan akan berada di bawah kendali Korem baru yang akan dibentuk dalam waktu dekat.

Terkait kunjungan kerja tersebut rombongan Pangdam Subiyanto  selain didampingi Danrem juga Asisten Kodam dan para Kasi Korem  091/ASN, melakukan  kunjungan ke wilayah Kodim 0903/Tanjung Selor. 

"Selama tiga hari ini telah mengunjungi beberapa pos Satgas Pamtas Yonif  Raider 600 /Modang (Mtg)," katanya.

Menurutnya dalam waktu dekat akan ada rotasi atau pergantian Satgas Pamtas dari Yonif Raider 600/Mdg dengan Batalyon Infanteri 623/Bhakti Wira Utama (Bwu).

"Totalnya ada 11 pos Satgas Pamtas  yang  sudah saya datangi, kemudian saya sempatkan datang ke Tanjung Selor untuk melihat pembangunan  Makorem 092/Maharajalila yang sudah berjalan," tutur Pangdam.

 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020