Guna meningkatkan mutu pendidikan di Kutai Barat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan t jalin kerja sama dengan Sekolah Menengah Atas Taruna Nusantara yang berlokasi di Magelang Jawa Tengah. 


Hal  itu dilakukan agar mutu sumber daya manusia dari Kutai Barat lahir generasi yang mampu bersaing secara nasional.

Kunjungan ke SMA Taruna Nusantara atau biasa dikenal dengan sebutan SMA-TARNUS dikelola oleh Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) Selasa siang di Jakarta.

Hal itu dilakukan sebagai komitmen Pemkab Kutai Barat dalam mendorong peningkatan mutu sumber daya manusia yang siap bersaing secara global apalagi dewasa ini pendidikan di Indonesia semakin maju dan berkembang, selain itu Kutai Barat perlu mempersiapkan SDM yang kompeten guna mempersiapkan Kutai Barat sebagai salah satu kabupaten penopang Ibu Kota Negara. 

Melihat hal itu Pemkab Kutai Barat memilih menjalin kerja sama dengan SMA TARNUS apalagi sekolah itu termasuk sekolah dengan kualitas terbaik di Indonesia.

Kepala Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantasa (LPTTN) Sugiono menyambut baik kerja sama yang telah dibuat antara Pemkab Kutai Barat dengan SMA Taruna Nusantara. 

Sugiono berharap dengan kerja sama itu kualitas SDM di Kutai Barat semakin meningkat dan pelajar asal Kutai Barat dapat mengenyam mendidikan di SMA Taruna Nusantara. 

"Kami menyambut baik kerja sama yang dilakukan Kutai Barat yang mempercayakan SMA Taruna Nusantara untuk mendidik peserta asal Kutai barat, hal itu merupakan keinginan yang pararel dengan keinginan LPTTN untuk memberikan kesempatan bagi The Best and brightest Kids Student seluruh penjuru tanah air," katanya.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Barat Silvanus Ngampun.

Kerja sama dengan SMA Taruna Nusantara untuk menjawab kebutuhan Kutai Barat terhadap sumberdaya manusia yang berkompeten, apalagi sekolah ini dikenal menjunjung tinggi kebangsaan dan kebudayaan serta aspek prestasi akademik, kesamaptaan jasmani, dan kemandirian.

"Sekolah ini memiliki budaya, mutu dan disiplin yang bagus dengan pola asramanya, jadi mereka akan dibina, apalagi di sekolah ini terdiri atas berbagai suku dan daerah sehingga wawasan pendidikan semakin luas, diharapkan banyak pelajar asal Kutai Barat diterima di sekolah ini, kami dari Disdik Kubar siap memberikan beasiswa bagi 5 peserta didik yang lolos seleksi," katanya. 

Selain itu setelah lulus dari SMA TARNUS nantinya akan diberikan beasiswa lanjutan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi terbaik di Indonesia sehingga diharapkan ketika SDM ini kembali dapat menambah SDM berkualitas di Kutai Barat," kata Silvanus Ngampun.

SMA Taruna Nusantara merupakan sekolah ber-asrama dibawah binaan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia yang diresmikan  Pangab Jendral Try Sutrisno pada 14 Juli 1990, yang menempati lahan seluas 22,4 hektare terdiri dari  komplek akademis, asrama siswa dan komplek perumahan pamong (guru), merupakan aset TNI AD Akademi Militer yang berlokasi di Magelang Jawa Tengah.

SMA Taruna Nusantara sebagai salah satu sekolah dengan mutu pendidikan terbaik di Indonesia itu memiliki 19 pelajar aktif asal Kalimantan Timur. 

Pemerintah Kabupaten Kutai Barat berkomitmen untuk memberikan beasiswa penuh bagi pelajar asal Kutai Barat yang diterima di SMA Taruna Nusantara dan tidak hanya sampai disitu lulusan dari program beasiswa ini akan dilanjutkan program beasiswa ke perguruan tinggi sehingga tujuan untuk mendapatkan SDM berkualitas dapat tercapai.

Pewarta: AHM/Mardans

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020