Nunukan (ANTARA News Kaltim) - Air rumput laut diprediksi sangat baik untuk bahan baku pupuk organik yang dibutuhkan oleh berbagai jenis tanaman.

Pimpinan Aren Foundation Kabupaten Nunukan Ir Dian Kusumanto di Nunukan, Selasa, mengatakan, potensi air rumput laut ini sudah banyak terlihat pada beberapa tindakan yang tidak disengaja maupun yang disengaja oleh masyarakat.

"Ternyata air yang menetes atau keringat dari rumput laut pada saat dijemur memiliki zat-zat yang sangat bermanfaat bagi tanaman," katanya.

Air rumput laut, kata dia, mengandung zat kimia berupa glutamat seperti yang terkandung pada penyedap rasa makanan (sasa). Glutamat inilah yang merupakan zat kimia yang memiliki kandungan yang dapat menyuburkan tanaman.

Selain dapat menyuburkan tanaman, air rumput laut juga dapat menjadi pembunuh hama pada tanaman.

Dian mencontohkan, apabila disiramkan pada tumbuhan bunga ataupun tumbuhan lainnya yang lebih besar dengan jangka waktu seminggu tanaman tersebut berubah baik dari warna daun maupun batangnya.

Air rumput laut ini, juga mengan dung unsur Kalium (K) yang merupakan zat kimia yang dapat mempercepat pembuahan pada tanaman.

Disamping itu, mengandung juga hormonal yang sangat dibutuhkan tanaman untuk percepatan pertumbuhan dan menjaga kesehatan tanaman.

"Air rumput laut yang menetes pada saat dijemur itu yang bisa dijadikan sebagai bahan baku pupuk. Karena mengandung juga zat-zat kimia yang sangat dibutuhkan bagi tumb uhan," ujarnya.  (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012