Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur akan menggelar Bimbingan Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi 30 guru yang sekolahnya telah menerima pengadaan alat pembelajaran informatika.

"Bimtek TIK ini akan kami gelar selama tiga hari yang direncanakan pada minggu ke empat Mei ini," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan (Tekkomfodik) Dinas Pendidikan Kaltim, Hidayatullah di Samarinda, Selasa.

Pada 2011, sejumlah sekolah mulai dari jenjang SD hingga SMA dan yang sederajat telah menarima bantuan media pembelajaran yang menggunakan TIK dari Dinas Pendidikan Kaltim.

Hingga saat ini, tidak semua guru di sekolah penerima bantuan itu dapat mengoperasikan peralatannya dengan benar, sehingga UPTD Tekkomfodik perlu melakukan pelatihan atau bimbingn teknis agar guru terkait mahir mengoperasikannya.

Sedangkan instruktur dalam pelatihan nanti adalah beberapa guru di Samarinda yang telah mendapat sertifikasi atau telah mendapat pelatihan TIK sebelumnya di tingkat pusat.

Diharapkan para guru yang telah mendapat pelatihan TIK pada akhir Mei nanti, dapat menularkan ilmunya kepada semua siswa. Diharapkan pula dapat mengajari guru lain agar dapat menularkan ilmu yang sama.

Menurut dia, penggunaan media pembelajaran berbasis TIK merupakan hal yang tidak mudah. Dalam menggunakan media tersebut harus memperhatikan beberapa teknik agar media yang dipergunakan dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Dia juga mengatakan bahwa pihaknya siap melatih guru terkait pemanfaatan informasi teknologi (IT) karena semua guru berhak mengetahui penggunaan IT.

Kegiatan untuk meningkatkan kompetensi guru, terutama untuk memberikan pendidikan tata cara dalam penggunaan IT, juga merupakan bagian dari tugas di UPTD yang dipimpinnya itu.

Menurut dia, UPTD Tekkomfodik tidak menutup pintu bagi guru-guru yang ingin belajar tentang dunia IT. Tenaga teknis multimedia di UPTD siap memberikan pengetahuan tentang penggunaan IT tersebut, baik penggunaan video maupun laptop.

Di UPTD Tekkofodik, lanjutnya, memiliki tenaga-tenaga teknis yang diharapkan bisa melatih dan mengajarkan para guru tentang multimedia, khususnya penggunaan IT.

UPTD ini juga pernah memberikan pelatihan kepada masyarakat di sekitar kantor tersebut, tujuan pelatihan tersebut adalah agar masyarakat tidak gagap teknologi.

Pengetahuan IT juga penting diketahui para ibu rumah tangga agar dapat mengawasi anak-anaknya, sehingga penggunaan IT oleh anak-anak tetap dalam pengawasan orang tua. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012