Komunikasi Sosial (Komsos) antara Bintara Pembina Desa (Babinsa) dengan warga sangat penting untuk mempererat tali silaturahmi  dan membantu kesulitan warga,seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 0913-01/Penajam, Serda Heri,  membantu nelayan memperbaiki jaring ikan milik bapak Saleh (50) warga RT 07 Kelurahan Tanjung Tengah Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Dandim 0913/PPU Letkol Inf Mahmud, Jumat membenarkan bahwa Babinsa Tanjung Tengah Serda Heri membantu nelayan memperbaiki jaring ikan, dengan kondisi jaring yang sering mengalami kerusakan akibat tersangkut karang atau kayu. 

"Permasalahan ini cukup membuat kesulitan para nelayan, sehingga perlu adanya motivasi Babinsa untuk membantu para nelayan," katanya.

Menurutnya nelayan untuk membeli jaring baru cukup mahal, dan itu menjadi masalah bagi nelayan. Kita berharap dengan bantuan Babinsa di wilayah binaan dapat membantu nelayan yang membutuhkan bantuan Babinsa.

Selain petani katanya, warga di daerah binaannya Babinsa Kelurahan Tanjung Tengah banyak juga yang berprofesi sebagai nelayan tradisional guna mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari di karenakan berdekatan dengan pesisir pantai. Sebagai Babinsa harus pandai mengatur waktu agar seluruh warga binaan dapat ditemui.

Letkol Inf Mahmud berpesan kepada Babinsa Kelurahan Tanjung Tengah  mengingatkan agar nelayan selalu berhati -hati ketika akan melaut dan menghimbau agar menunda keberangkatan apabila cuaca tidak baik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan harus lebih di utamakan faktor keselamatan dan keamanan.

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020