Bupati Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur, Bonifasius Belawan Geh mengingatkan semua pemerintah kampung yang tersebar pada lima kecamatan di kawasan itu   mempercepat  sejumlah pembangunan yang telah diprogramkan karena pada 20 Desember 2019 harus tutup buku.


"Pemerintah kampung dan semua pihak terkait harus terus menyelesaikan semua kegiatan baik pembangunan fisik maupun nonfisik, karena pada 20 Desember ini tidak boleh lagi ada kegiatan yang dananya dari APBKam," ujarnya di Mahulu, Sabtu.

Jika per tanggal 20 Desember masih ada kegiatan yang belum dapat diselesaikan karena alasan tertentu, maka sisa uang yang ada harus menjadi silpa (sisa lebih perhitungan anggaran) untuk dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKam) tahun anggaran 2020.

Sebelumnya, saat menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Kampung Long Hubung Ulu ke- 6, ia juga berpesan pemerintah kampung setempat mempercepat proses pembangunan sarana dan prasaran kampung yang telah teranggarkan pada 2019 karena tinggal beberapa hari semua kegiatan harus dihentikan.

Menurutnya, dalam membangun kampung dibutuhkan perencanaan yang matang, kekompakan seluruh masyarakat dan perangkat kampung. Tanpa dua hal tersebut, pembangunan akan tersendat. Ia juga berharap fasilitas yang telah dibangun dapat menunjang aktivitas masyarakat.

Dalam kesempatan itu, bupati juga meresmikan secara simbolis pembangunan sarana dan prasarana (sapras) fisik kampung yang berlangsung di Amin Ayaq Lasaan Bakung Kuwei.

Sejumlah sapras yang disahkan itu merupakan hasil pembangunan skala kampung tahun 2018 dan 2019. Masih ada beberapa sapras tahun 2019 yang dalam tahap penyelesaian baik yang anggarannya dari Dana Desa (DD), Alokasi Dana Kampung (ADK), maupun bantuan keuangan kabupaten.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh bupati, didampingi Wakil Bupati Y Juan Jenau, Asisten Bidang Pemerintahan dan Humas (Asisten I) Dodit Agus Riono, Camat Long Hubung Yulia DH, dan Kepala Desa (Petinggi) Kampung Long Hubung Ulu Nilus Weng.

Menanggapi arahan bupati, Petinggi Long Hubung Ulu Nilus Weng mengatakan, sesuai tanggung jawab, pihaknya segera menyelesaikan 10 bangunan fisik yang telah dianggarkan melalui APBKam 2019.

"Sebanyak 10 unit yang dianggarkan melalui APBKam Long Hubung Ulu tahun ini antara lain sarana air bersih 2 unit, pembangunan turap dermaga, bangunan Paud & Posyandu satu atap, rehabilitasi rumah layak huni, dan lainnya," ucap Nilus.  

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019