Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser mengharapkan pelayanan  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panglima Sebaya semakin ditingkatkan setelah dilakukan akreditasi.

Harapan tersebut disampaikan  Staf Ahli Bupati Paser Bidang Kesra Boy Susanto pada kegiatan akreditasi yang dilakukan tim penilai akreditasi RSUD Panglima Sebaya, Kamis (7/11). 

Ia mengatakan akreditasi rumah sakit adalah suatu pengakuan yang diberikan oleh pemerintah pada manajemen rumah sakit, karena telah memenuhi standar yang ditetapkan. Akreditasi  rumah sakit dilakukan Surveyor Verifikasi Akreditasi dr. Petrus Maturbong.

" Dengan dilakukan akreditasi ini harapannya dapat meningkatkan mutu dan kesehatan pengguna jasa pelayanan rumah sakit,” kata Boy Susanto.

Akreditasi  rumah sakit dilakukan Surveyor Verifikasi Akreditasi dr. Petrus Maturbong, dihadiri Kepala Bappeda Paser Muksin dan para tenaga kesehatan di lingkup RSUD Panglima Sebaya.

Menurutnya RSUD Panglima Sebaya wajib melakukan akreditasi sebagai komitmen dalam  meningkatkan mutu pelayanan. Program akreditasi adalah instrumen yang valid untuk mengetahui sejauh mana pelayanan, apakah telah memenuhi standar nasional atau belum.

Lanjut Boy, dengan status akreditasi yang dimiliki RSUD Panglima Sebaya dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat atas layanan di rumah sakit.

“Selain itu juga sebagai upaya pencegahan terjadinya malpraktik karena di dalam melaksanakan tugasnya tenaga medis memilik standar prosedural operasional yang jelas,” ujarnya.

Sementara Direktur Utama RSUD Panglima Sebaya dr. Ida Bagus Ngurah Eka Wesnawa mengatakan proses verifikasi akreditasi tersebut merupakan kali kedua yang dilakukan tim akreditasi nasional.

“Survei ini akan menilai sejauh mana perencanaan perbaikan strategis yang dilaksanakan dalam menjamin mutu dan kualtias pelayanan,” kata Eka.

Melalui survei akreditasi tersebut lanjut Eka juga untuk mengetahui apakah komitmen tentang peningkatan mutu dan keselamatan pasien di RSUD Panglima Sebaya merupakan program prioritas yang bermanfaat bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat

“Semoga dengan akreditasi ini kami semakin meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Karena pada 2020, kami juga akan menghadapi SNARS versi 1.1 sehingga persiapan sudah dilakukan mulai dari sekarang ,” ujar Eka. (MC Kominfo Paser)
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019