Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga di Kecamatan Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan TImur mengagendakan pembukaan pelayanan instalasi cuci darah (Hemodialisa) mulai Desember 2019.


Direktur RSUD Kudungga Sangatta Kutim dr Anik Istiyandari dihubungi dari Samarinda, Selasa, mengatakan pembukaan fasilitas baru tersebut tentu menjadi kabar baik bagi pasien gagal ginjal, utamanya yang berdomisili di wilayah Kabupaten Kutai Timur.

Biasanya, kata dia, pasien yang akan mendapatkan pelayanan cuci darah harus dirujuk oleh RSUD setempat ke Kota Samarinda.

"Maklum fasilitas di RS kami awalnya memang belum mempunyai peralatan medis seperti itu, sehingga bila ada pasien yang harus cuci darah maka segera dirujuk ke RS yang ada di Samarinda," kata dia.

Anik Istiyandari mengungkapkan saat ini dari segi tenaga medis, ruangan, hingga alat cuci darah sudah siap digunakan.

Dia mengatakan persiapan untuk penambahan fasilitas cuci darah tersebut hanya tinggal soal pengurusan izin.

“Empat buah alat untuk pelayanan cuci darah sudah datang, tinggal ditata begitu juga tenaga medisnya juga sudah siap, hanya tinggal proses izin pelayanan,” kata dia.

Anik berharap, pada November mendatang proses perizinan sudah bisa rampung sehingga mulai Desember pelayanan cuci darah sudah dapat beroperasi.

Tentunya, lanjut dia, dengan dibukanya palayanan cuci darah itu maka para pasien penderita gagal ginjal akan bisa ditangani di RSUD Kudungga.

“Kalau izin sudah keluar pada November, semoga Desember sudah bisa 'running' (beroperasi),” kata dia.

 

Pewarta: Wardi Kutim/Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019