Tenggarong (ANTARA News Kaltim) - Sebanyak 214 atlet renang dari sembilan kabupaten/kota di Kalimantan Timur unjuk kemampuan di ajang Kejuaraan Daerah (Kejurda) Renang se-Kaltim 2012 di kolam renang Putri Junjung Buyah (PJB) Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Kepala Sub Bidang Pemuda dan Olahraga, Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim Ego Arifin, di Tenggarong, Sabtu, mengatakan, Kejurda tersebut untuk menjaring atlet renang usia dini, dalam rangka persiapan untuk menghadapi kompetisi di jenjang yang lebih tinggi di antaranya yaitu kejuaraan nasional.

"Ini juga merupakan momen penting untuk menilai atlet kita, dengan harapan untuk mempertahankan prestasi yaitu kembali berada di posisi tiga besar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Riau nanti," ujarnya.

Kejurda Renang se-Kaltim 2012 dimulai Jumat (6/4) sore hingga berakhir pada Minggu (8/4). Acara itu dibuka oleh Kepala Sub Bidang Pemuda dan Olahraga, Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim Ego Arifin, yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara.

Acara pembukaan Kejurda itu juga dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kukar, Ketua Persatuan Renang Indonesia (PRSI) Kaltim H Suwandi, serta jajaran Pengurus Kabupaten (Pengkab) PRSI.

Kejurda Renang Kaltim 2012 mempertandingkan 42 nomor. Sedangkan peserta dibagi dalam kelompok umur IV, III, II dan I dan senior.

Sebelumnya, Kejurda renang Kaltim 2011 juga dilaksanakan di kolam renang PJB Tenggarong. Dengan demikian Kutai Kartanegara telah dua tahun berturut-turut menjadi tuan rumah kegiatan itu.

Sedangkan H Suwandi mengatakan Kejurda itu untuk memberikan kesempatan berkompetisi pada atlet renang Kaltim, dengan harapan mampu berprestasi pada event yang lebih bergengsi, dan untuk mengevaluasi hasil pembinaan dari masing-masing Pengkab PRSI se-Kaltim.

Sementara itu, Kepala Dispora Kukar H Fitriady mengucapkan selamat bertanding kepada atlet renang se- Kaltim dan berterima kasih karena Kukar kembali dipercaya sebagai tuan rumah.

"Kami juga akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik. Selamat berlomba," katanya.  (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012