Tenggarong (ANTARA News Kaltim) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemkab Kutai Kartanegara akan menyelenggarakan kompetisi sepak bola "Liga Pendidikan Indonesia (LPI)" pada 2012 dalam upaya mencari pemain muda berbakat di kalangan pelajar.

"Kompetisi ini sebagai persiapan untuk mengikuti LPI tingkat Provinsi Kaltim," ujar Kepala Dispora Pemkab Kutai Kartanegara H Fitriady melalui Kepala Seksi Binas Prestasi H Surya Agus saat dihubungi, Selasa.

Dia mengatakan, pihaknya akan menyelenggarakan tiga tingkatan kompetisi yaitu mulai tingkat SLTP/MTs, SLTA/SMK/MA, serta perguruan tinggi.

Rencananya, kompetisi Liga Pendidikan Indonesia (LPI) 2012 tersebut akan dimulai pada 23 April.

"Pemenang kompetisi ini akan diikutsertakan dalam LPI tingkat Provinsi Kaltim untuk mewakili Kutai Kartanegara," katanya.

Diharapkan sekolah-sekolah yang ada di kecamatan se-Kukar dapat mengirimkan siswanya untuk mengikuti LPI tingkat kabupaten tersebut.

Bagi peserta yang ingin mendaftar atau ingin mengetahui lebih lanjut tentang LPI, dapat datang langsung ke Bidang Olahraga Dispora Kutai Kartanegara, Jalan KH Ahmad Dahlan, Tenggarong.

Liga Pendidikan Indonesia (LPI) merupakan kompetisi sepak bola antarpelajar SMP dan SMA sederajat serta pergeuruan tinnggi se-Indonesia. Kompetisi itu diselenggarakan secara berjenjang mulai dari kabupaten/kota, provinsi, wilayah hingga tingkat nasional memperebutkan Piala Presiden.

Kegiatan LPI dilaksanakan di luar jam sekolah dan atau pada hari-hari libur sekolah dengan mengutamakan unsur pendidikan, namun dengan prinsip industri olahraga atas kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta PSSI.  (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012