Sedikitnya 550 lampu penerangan jalan umum akan dipasang di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, yang telah ditetapkan sebagai calon lokasi pemindahan ibu kota Negara Indonesia menggantikan Jakarta.

Kepala Bidang Cipta Karya Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Penajam Paser Utara, Supardi saat dihubungi, Kamis mengatakan, pemasangan lampu penerangan jalan umum  (LPJU) sebagai upaya mewujudkan Penajam Paser Utara bersinar.

Ia menimpali lagi, pemasangan lampu penerangan jalan umum tersebut juga untuk menyambut pemindahan ibu kota negara ke wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara.

Anggaran pemasangan lampu penerangan jalan umum pada 219 di Kabupaten Penajam Paser utara bertambah lebih kurang Rp8 miliar dari yang dianggarkan pada APBD murni sekitar Rp7 miliar.

"Tambahan anggaran RP8 miliar untuk pemasangan PJU dialokasikan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah atau APBD Perubahan 2019, jadi total anggaran pemasangan LPJU lebih kurang Rp15 miliar," jelas Supardi.

"Rp8 miliar menambah 300  LPJU, dari sebelumnya Rp7 miliar hanya 250 LPJU. Dengan bertambahnya anggaran itu ditargetkan sedikitnya 550 lampu PJU akan dipasang di wilayah Penajam Paser Utara," ungkapnya.

Pemasangan lampu penerangan jalan umum di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara pada 2019 menurut Supardi, akan dibagi dua tahap.

Tahap pertama pemasangan lampu penerangan jalan tersebut lanjut ia, meliputi wilayah Kecamatan Penajam sampai Kecamatan Babulu, termasuk kawasan pesisir.

"Pemasangan lampu penerangan jalan di kawasan pesisir itu termasuk di jalan pesisir pantai (coastal road)," ujar Supardi.

Sementara pemasangan lampu penerangan jalan umum tahap kedua katanya, dari wilayah Kecamatan Penajam sampai Kecamatan Sepaku.

"Pemasagan lampu penerangan jalan umum di wilayah Penajam Paser Utara itu tinggal menunggu proses penentuan pemenang lelang," ucap Supardi.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019