Bontang (ANTARA News Kaltim) - Presenter Andy Flores Noya "Kick Andy" akan menyemarakkan pelaksanaan "Gebyar Bontang Membaca" pada 3 Mei 2012 yang diselenggarakan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kota Bontang, Kalimantan Timur.

"Duta Baca Indonesia (DBI) Andy F. Noya `Kick Andy` akan hadir pada puncak Gebyar Bontang Membaca 2012 yang akan berlangsung pada tanggal 3 Mei," ujar Kepala KPAD Bontang, Asdar Ibrahim, di Bontang, Senin.

Selain disemarakkan oleh Andi F. Noya, puncak Gebyar Bontang Membaca 2012 juga akan diisi dengan membedah buku karya Kepala Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim Syafrudin Pernyata yang merupakan kompilasi tulisan fiksi di berbagai media yang diistilahkan dengan universitas kehidupan.

"Acaranya sendiri akan dikemas dalam `road show` pameran buku. Agenda lainnya `lounching` Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia Cabang Bontang dengan nuansa sosial berupa sunat massal dan nikah massal," kata Asdar.

Asdar menyampaikan berbagai kegiatan telah berjalan, seperti "lounching" Bontang Gemar Membaca dengan tema Ekspresi Pelajar Bontang Gemar Membaca pada akhir Januari 2012 telah dilakukan .

Tahapan sebelumnya rekrutmen dua personel layanan peminjaman perpustakaan, sopir bus antarjemput siswa sekolah untuk membaca di KPAD, dan satuan pengamanan.

"Sejak Maret--April 2012 berbagai lomba sudah digelar, seperti lomba pidato bahasa Inggris bagi siswa SD, lomba cerita pendek pakai alat peraga untuk cerita hikayat nusantara dan lokal tingkat SD," ujar Asdar.

Rencananya pada hari Selasa (3/4) akan digelar "technical meeting" pemilihan duta membaca bagi siswa SMU, serta selanjutnya diklat bercerita bagi guru-guru pada tanggal 10--12 April serta sosialisasi kearsipan pada tanggal 17--19 April.

"Sosialisasi kearsipan diperuntukkan bagi petugas kearsipan kelurahan dan petugas kearsipan guru PAUD, TK, SD sebanyak tiga angkatan," kata Asdar.

KPAD Bontang dalam dua tahun berturut-turut 2011 dan 2012 berhasil mendapat penghargaan panji pembangunan HUT Provinsi Kaltim bidang perpustakaan dan minat baca.  (*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012