Samarinda (ANTARA) - Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Kaltim memberikan penghargaan kepada 19 atlet, tokoh dan perusahaan yang peduli terhadap kemajuan prestasi olahraga di provinsi itu.

"19 penerima Siwo Award ini terbagi dalam lima kategori, yakni kepada pelaku sejarah olahraga, pembina, perusahaan, pelatih berprestasi, dan atlet berprestasi," ujar Ketua Siwo PWI Kaltim, Datu Iskandar Zulkarnaen saat memberikan sambutan pada acara Siwo Award di Gedung RRI Samarinda, Sabtu.

Acara tersebut dihadiri Wakil Gubernur Kaltim Farid Wadjdy yang juga Ketua Tim Pemenangan Kaltim pada PON 2012 di Riau, anggota DPRD Kaltim Aji Sofyan Alex dan Andi Harun, salah satu pimpinan KONI Kaltim Yudi Yahya, serta sejumlah atlet dan tokoh olahraga Kaltim.

Untuk Anugerah Siwo Award pelaku sejarah olahraga di Kaltim, diberikan kepada empat orang. Pertama adalah almarhum H Aji Alex, yang merupakan atlet sepak bola berprestasi di era 1960-an sebagai wakil rayon Kalimantan.

Prestasi Aji Alex juga diikuti beberapa anaknya termasuk Aji Ridwan Mas yang menjadi kapten kesebelasan PSSI Garuda era 1980-an. Mewakili penerima penghargaan ini adalah salah satu putranya, Aji Sofyan Alex, yang kini menjabat Anggota DPRD Kaltim.

Kemudian penghargaan untuk H Anwar Chanani yang merupakan perintis olahraga kempo di Kaltim. Selanjutnya kepada H Husein, atlet powerboating Kaltim, dan kepada HM Rifadin, mantan Ketua KONI Kaltim dan pengurus olahraga powerboating.

Untuk kategori kedua, yakni Pembina Olahraga Kaltim, diberikan kepada H Andi Harun, H Achmad Husry, H Ipong Muchlisoni, dan H Darius Safari.

Kategori tiga untuk lembaga atau perusahaan peduli kemajuan olaharaga di Kaltim, diberikan kepada BPD Kaltim yang sering menjadi sponsor uatama di berbagai kejuaraan nasional dan internasional di Kaltim.

Kemudian diberikan kepada PT Kaltim Prima Coal yang memberikan kontribusi kepada KONI Kaltim, untuk PT Kideco Jaya Agung yang membina cabang olahraga gulat dan Taekwondo.

Selanjutnya untuk PT Pupuk Kaltim yang melakukan pembinaan beberapa cabang olahraga, seperti tenis meja, sepak bola, bola voli, dan drumband. Kemudian untuk PT Berau Coal yang membina cabang olahraga layar.

Kategori empat penghargaan kepada pelatih berprestasi, diberikan kepada Bunyamin yang merupakan pelatih gulat, dan kepada Siti Aminah yang merupakan pelatih judo.

Untuk kategori atlet berprestasi, diberikan kepada Fitriansyah (balap motor), Eka Sahara (taekwondo), M Aliansyah (gulat), dan Lies Andriani (paralayang).

"Pemberian penghargaan ini berdasarkan data dari sejumlah pelaku olahraga dan dari analisa wartawan olaharag senior di Kaltim. Saya mohon maaf jika masih ada orang yang layak mendapat penghargaan namun belum terakomodasi, ini karena minimnya data yang kami peroleh," ujar Dt Iskandar.  (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012