Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi menyerahkan Beasiswa Kaltim Tuntas ( BKT) kepada pelajar Kaltim yang lolos seleksi penerimaan mahasiswa di Institut Tazkia, Bogor, Jawa Barat.
 

Beasiswa tersebut langsung diberikan oleh Wagub Kaltim, Hadi Mulyadi dalam kunjungan kerjanya di Bogor, Jawa Barat,ketika  berkunjung ke Kampus Institut Tazkia di Jalan Ir H Juanda, Sentul City, Bogor didampingi Badan Pengelola BKT dan perangkat daerah terkait,

Rombongan diterima Rektor Institut Tazkia Dr Murniati Mukhlisin dan Wakil Rektor bidang Akademis Dr (c) Andang Heryahya.

Setelah mendengarkan paparan dari Rektor Institut Tazkia tentang visi, misi, program, kurikulum dan kerjasama dengan berbagai daerah, negara dan puluhan perguruan tinggi internasional, Wakil Gubenur Kaltim H Hadi Mulyadi meyakini bahwa anak-anak Kaltim yang kuliah di Perguruan Tinggi tersebut bakal mampu menjadi pemimpin Kaltim kedepannya.

“Saat ini memang baru 35 orang yang dikirim ke perguruan tinggi ini. Pak Imam, programkan tahun depan lebih banyak lagi disini." kata Hadi.

Pemprov Kaltim telah menjalin kerja sama dengan Institut Tazkia Bogor, Jawa Barat, dan memberikan program beasiswa asal wilayah setempat yang melakukan studi di perguruan tinggi tersebut.

Saat ini ada 35 mahasiswa/mahasiswi dari sejumlah kabupaten dan kota di Kaltim yang telah lulus seleksi sebagai penerima Beasiswa Kaltim Tuntas kerjasama antara Institut Tazkia Bogor, Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Mahasiswa terpilih sebagai penerima Beasiswa Kaltim Tuntas adalah pelajar lulusan sekolah tingkat menengah atas yang tersebar dan berasal dari berbagai kabupaten dan kota, yakni Kota  Samarinda, Kutai Timur, Tenggarong, Bontang, Balikpapan, Penajam Paser Utara (PPU), Paser, Berau, Melak-Kutai Barat.

Setelah melalui proses seleksi dan pendaftaran berkas, diperoleh 150 peserta yang dinyatakan lulus untuk mengikuti tahapan interview. Setelah melalui verifikasi maka didapatkan 35 mahasiswa/mahasiswi penerima Beasiswa Kaltim Tuntas.

Proses seleksi dilakukan di beberapa sekolah di kabupaten/kota sebagai titik central seleksi calon mahasiswa penerima Beasiswa Kaltim Tuntas.

Adapun tes dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Melak Kubar, MAN Insan Cendekia Paser, Ponpes Hidayatullah Balikpapan, SMAN 1 Penajam, SMA YPK Bontang, Ponpes Ibadurrohman Tenggarong, SMA Islam Samarinda, SMA Nurul Iman Boarding School Kutim dan MAN Berau.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019