Unit transfusi darah Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Ratu Aji Putri Botung Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mulai beroperasi  untuk melayani masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya.

Direktur RSUD Ratu Aji Putri Botung Kabupaten Penajam Paser Utara, Grace Makisurat di Penajam, Rabu mengatakan,  unit transfusi darah (UTD) itu mulai beroperasi, Selasa (20/8) dengan  pendampingan dari tim Palang Merah Indonesia atau PMI Kota Balikpapan.

"Pengoperasian UTD RSUD Ratu Aji Putri Botung akan didampingi tim dari PMI Kota Balikpapan," kata Grace Makisurat.

Operasional UTD RSUD Ratu Aji Puti Botung itu dibuka selama jam kerja, sedangkan Bank Darah disiagakan 24 jam untuk mengantisipasi pasien yang membutuhkan darah.

"Keberadaan UTD RSUD Ratu Aji Putri Botung, dapat meringankan masyarakat yang membutuhkan darah," ujar Wakil Bupati Penajam Paser Utara Hamdam ketika ditemui terpisah.

"Masyarakat selama ini harus mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkan darah, karena harus mengambil di Kantor PMI Kota Balikpapan," ucap Ketua PMI Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut.

Hamdam berharap UTD RSUD Ratu Aji Putri Botung dapat dimanfaatkan untuk ketersediaan darah yang aman dan berkualitas.

Wabup juga mengajak masyarakat membiasakan hidup sehat dengan donor darah, satu tetes darah sangat berarti karena bisa menyelamatkan nyawa pasien yang membutuhkan.

RSUD Ratu Aji Putri Botung Kabupaten Penajam Paser Utara pada tahun ini  mendapat bantuan berupa peralatan transfusi atau donor darah dari pemerintah pusat.

Bantuan yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tersebut meliputi, lemari serta kantong penyimpanan darah, dan sejumlah peralatan donor darah lainnya.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019