Pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia, Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi meminta  masyarakat untuk meningkatkan rasa nasionalisme kepada bangsa dan negara.


Bentuk nasionalisme yang dimaksud adalah turut berpartisipasi dalam pembangunan. 

Hal itu dia sampaikan usai menghadiri upacara peringatan HUT ke-74 RI di halaman Kantor Bupati, Sabtu (17/8).

“Momen HUT ke-74 RI ini, harapannya masyarakat dapat meningkatkan rasa nasionalismenya, dengan berpartisipasi dalam pembangunan daerah,” kata Yusriansyah.

Adapun petugas pembawa bendera merah putih pada upacara tersebut diantaranya Pembawa Baki, Alya Sabila Nur, siswi SMK 1 Tanah Grogot dan pembawa Bendera Merah Putih, Andir Wandi, Siswa SMAN 1 Tanjung Harapan. 

Rangkaian kegiatan peringatan kemerdekaan sudah dilakukan sejak Jumat (16/8) malam yaitu upacara pawai obor dan renungan suci di taman makam pahlawan. 

Sebelumnya pada Jumat pagi, Bupati juga menyerakan secara simbolis pemberian remisi kepada 368 narapidana di Rumah Tanahan (Rutan) Tanah Grogot.

Yusriansyah mengatakan, setiap tahun bangsa Indonesia memperingati kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus. 

“Setiap tahun juga kita mengenang jasa pahlawan memperjuangkan kemerdekaan,” kata Yusriansyah.

Setelah upacara pengibaran bendera selesai, Bupati Paser beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah melanjutkan kegiatan tabur bunga dan penghormatan di Taman Makam Pahlawan Daya Taka.

“Tabur bunga ini sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan dan syuhada. Semoga pengorbanannya diterima di sisi Tuhan,” pungkas Yusriansyah.(MC Kominfo Paser)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019