Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Paser mengimbau masyarakat mewaspadai musim kemarau  panjang yang berdampak munculnya penyakit gangguan pernapasan yakni Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)
 

“Masyarakat akan mudah terserang  penyakit diakibatkan perubahan cuaca yang  ektrim dimusim kemarau ini," kata Kepala Dinkes Paser Amir Faisol di Tanah Grogot, Kamis (15/8).

Pada musim kemarau katanya, penyakit yang paling sering muncul adalan infeksi  saluran pernapasan atas, oleh karena itu masyarakat dihimbau agar  menjaga perilaku hidup sehat. 

“Salah satunya menjaga kebugaran tubuh,” ucap Faisol.

Saat ini, katanya Dinas Kesehatan Paser melakukan imbauan melalui Puskesmas di setiap kecamatan dan Puskesmas Pembantu (Pusban), untuk mengantisipasi atau upaya pencegahan terjadinya penderita penyakit ISPA di di wilayah Kabuoaten Paser.

 “Kami berharap pihak Puskesmas dan Pusban dapat membantu masyarakat dalam mengatasi penyakit tersebut. Ada 19 Puskesmas  dan 139 Pusban, yang melakukan sosialisasi maupun imbauan,” kata Faisol.

"Mudahan masyarakat bisa tetap menjaga pola hidup sehat  dan tetap mewaspadai munculnya penyakit ISPA di musim kemarauini, '' imbuhnya. (MC kominfo Paser)
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019