Pelajar tingkat SMA sederajat Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka 2019 menjalani latihan secara intensif.

"Anggota Paskibraka harus bisa mengibarkan bendera dengan benar, jangan sampai salah dan harus bertanggung jawab terhadap tugas," jelas Koordinator Pelatih Paskibraka Kabupaten Penajam Paser Utara, Ngakan Gede Puja ketika ditemui, Senin.

Pelatihan anggota Paskibraka yang dilakukan di halaman Kantor Bupati Penajam Paser Utara tersebut dilakukan hingga malam hari.

"Latihan dilaksanakan setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WITA, dengan berbagai materi latihan yang diajarkan pelatih," kata Ngakan Gede Puja.

Namun dengan minimnya waktu hingga menjelang upacara peringatan hari ulang tahun Kemerdekaan RI ke-74 lanjut ia, latihan dilanjutkan hingga malam hari.

Sebanyak 42 anggota Paskibraka Kabupaten Penajam Paser Utara itu mulai menjalani latihan pada 5 Agustus hingga menjelang proses upacara bendera 17 Agustus 2019.

"Saat ini kami fokus untuk terus jalani latihan, tujuannya anggota Paskibraka siap secara fisik maupun mental pada saat melakukan tugas pada upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74," ujar Ngakan Gede Puja.

Pelatihan yang dilakukan tersebut selain menaikkan bendera, para anggota Paskibraka Kabupaten Penajam Paser Utara juga dilatih menurunkan bendera.

Anggota Paskibraka Kabupaten Penajam Paser Utara menurut Ngakan Gede Puja, diberikan pelatihan baris-berbaris karena inti pelatihan untuk pengibaran dan penurunan bendera dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI.

Selama pelatihan anggota Paskibraka dibekali berbagai latihan dan pembinaan untuk memupuk semangat kebangsaan, nasionalisme dan jiwa patriotisme serta cinta Tanah Air.

Para anggota Paskibraka tambah Ngakan Gede Puja, dipantau dari sisi disiplin, kesehatan hingga kesiapan dalam melaksanakan tugas saat upacara pengibaran dan penurunan bendera di halaman Kantor Bupati Penajam Paser Utara.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019