Sejumlah nasabah Bank Mandiri mendatangi Kantor Cabang Bank Mandiri Balikpapan di Jalan Ahmad Yani, Gunung Sari Ilir, Balikpapan pada Sabtu pagi, mempertanyakan saldo di rekeningnya yang berkurang.


“Saldo tabungan saya dari Rp96 juta menjadi minus Rp174 juta,” kata Sun, seorang nasabah.

Begitu pula sejumlah nasabah lain, mengalami pengurangan saldo dengan jumlah bervariasi. Malah ada pula yang sebaliknya, saldonya bertambah.

Sun menuturkan, pada pukul 09.00 WIB ia mengecek saldo secara daring di Banking Mandiri. Saat itu saldonya masih Rp96 juta.

“Begitu saya dengar kabar di medsos bahwa Bank Mandiri lagi ramai, saya cek lagi online,” kata Sun. Saat itulah ia mendapati saldonya sudah jadi minus Rp174 juta.

Karena itulah ia bersama nasabah lain mendatangi Kantor Cabang di Jalan Ahmad Yani tersebut. Para nasabah yang menuntut penjelasan pun berkumpul di ruang layanan di lantai satu.

“Saya minta pihak bank membuat surat hitam di atas putih atas kejadian hari ini, terutama bahwa uang kami akan kembali,” tandas Sun, menjawab pernyataan Kepala Cabang Bank Mandiri Balikpapan Aksomo Widiasto yang menemui nasabah.

Sebelumnya setelah ditunggu nasabah, Aksomo turun menemui di ruang layanan tersebut. Beberapa nasabah pun menyempatkan diri mengungkapkan kekesalan mereka karena merasa tidak dilayani dengan semestinya.

“Kami minta maaf atas ketidaknyamanan ini,” kata Aksomo.

Ia menjelaskan apa yang terjadi sebenarnya, yaitu Bank Mandiri sedang melakukan upgrade sistem elektronik. Ia pun menyampaikan apa yang menjadi keterangan dari Bank Mandiri pusat tentang perbaikan sistem dan jaminan bahwa uang nasabah tidak akan hilang.

“Bapak ibu tidak perlu khawatir, kami menjamin saldo bapak ibu yang berkurang nanti akan di recovery atau normalisasi data elektronik,” ujar Aksomo.

Menurut Aksomo, sejak subuh telah dilakukan pemulihan oleh tim teknis Bank Mandiri.

“Recovery sedang berjalan. Daripada Bapak dan Ibu menunggu mengantre, Bapak-Ibu melakukan pengecekan setiap saat melalui elektronik channel yang ada. Bisa dicek melalui rekening onlinenya atau melalui ATM,” kata Aksomo.

“Kalau saya sejauh ini sih aman aja,” kata Haji Amir, warga Gunung Sari Ilir yang sempat antre setengah jam di ATM Mandiri untuk mengecek saldonya. 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019