Sangatta (ANTARA News Kaltim) - Kabupaten Kutai Timur akan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VIII pada 28 Februari 2012 dan berlangsung selama enam hari di Masjid Agung, Kawasan Bukit Pelangi, Sangatta.

Ketua Panitia Penyelenggara Drs H Nanang Gazali mengatakan, Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) VIII 2012 akan memperlombakan baca Al Quran mulai golongan anak-anak hingga tahfiz, kaligrafi, Fahmil, Syahril, Tartil dan Golongan anak-anak, Qiraat sab'ah, M2IQ.

Semua kegiatan dipusatkan di Bukit Pelangi dengan memanfaatkan gedung-gedung yang ada antara lain gedung serba guna, aula Bappeda, Gedung PKK dan beberapa gedung lainnya termasuk Masjid Agung Sangatta Utara.

"Sedangkan cabang Tahfiz dan Tafsir Al-Quran yang digelar di Masjid Nurul Iman Sangatta," kata H Nanang Gazali didampingi Gusti M Yusuf SHI

Menurut H Nanang Gazali, panitia mengharapkan agar semua kafilah yang terdiri duta 18 Kecamatan se-Kabupaten Kutai Timur sudah berada di Sangatta paling lambat 25 Februari 2012.

"Massa verifikasi dan pendaftaran dilaksanakan dua hari yakni pada tanggal 26 -27 Februari, sementara 'technical meeting' digelar pada Selasa (28/2) pagi," kata H.Nanang panggilan. 

Musabaqah Tilawatil Quran VIII rencananya akan dibuka Bupati Kutai Timur Isran Noor dan akan dimeriahkan dengan tarian kolosal tradisional modern, qasidah atau shalawat habsy

Sebelum pembukaan malam hari, akan diadakan pawai taaruf, Selasa (28/2) siang, dari Kantor Camat Sangatta Utara dan akan berakhir di Masjid Agung.

Koordinator Pawai Taaruf Sirajuddin, mengatakan rute dimulai Kantor Camat Sangatta Utara sebagai tuan rumah kemudian melewati Jalan Diponegoro kemudian ke Yos Sudarso masuk kawasan Swarga Bara kembali ke Jalan Soekarno-Hatta dan berakhir ke Masjid Agung.

"Disarankan kepada peserta semua kendaraan hendaknya dihias dengan nuansa Islami, selain itu menjaga keamanan dan ketertiban selama pawai berlangsung," kata Sirajuddin. (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012