Sebanyak 350 lampu penerangan jalan umum (PJU) akan dipasang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mulai Agustus 2019, kata Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Supardi.

"Proyek pemasangan PJU di wilayah Penajam Paser Utara saat ini masuk dalam tahapan lelang," jelas Supardi ketika dihubungi, Sabtu.

"Kami prediksi Agustus 2019 pengerjaan fisik lampu PJU baru dilakukan, karena proses lelang proyek butuh waktu sekitar satu setengah bulan," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara mengalokasikan anggaran sekitar Rp9 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2019 untuk pemasangan lampu PJU tersebut.

Pemasangan lampu PJU itu merupakan kelanjutan pemasangan lampu PJU di wilayah Penajam Paser utara yang telah dilaksanakan sejak 2017.

"Kami akan pasang lampu PJU di setiap titik jalan provinsi maupun jalan lingkungan wilayah Penajam Paser Utara yang belum terpasang lampu PJU," ucap Supardi.

Selain jalan provinsi dan jalan lingkungan, lanjut ia, di setiap wilayah perbatasan antardaerah juga menjadi prioritas pemasangan lampu PJU karena masih minim penerangan.

Pemasangan lampu PJU di perbatasan antardaerah tersebut, salah satunya di wilayah Kecamatan Sepaku yang berbatasan dengan Kota Balikpapan dan Kabupaten Kartanegara.

Masih minimnya penerangan di sejumlah wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara itu dikhawatirkan memicu terjadinya kecelakaan dan kriminalitas jalanan.

"Kami targetkan pengerjaan fisik pemasangan lampu PJU di sejumlah wilayah di Penajam Paser Utara dapat terselesaikan dalam jangka waktu tiga bulan," tambah Supardi.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019