Perum Bulog melalui Kantor Seksi Logistik Tanah Grogot Kabupaten Paser memastikan ketersediaan kebutuhan barang pokok aman selama bulan Ramadan. Bahan pokok seperti beras, minyak dan gula dipastikan stoknya terjaga selama satu bulan ini.


"Kami pastikan stok kebutuhan pokok selama Ramadan aman  dan dalam waktu dekat kami akan menggelar operasi pasar bersama Tim Pemantau Inflasi Daerah dari Pemkab Paser," kata Kepala Kansilog Tanah Grogot Panji Lintang, Kamis (9/5).

Stok beras yang dimiliki Bulog untuk dua Kabupaten yaitu Paser dan Penajam Paser Utara sebanyak 1.500 ton dimana 250 ton diantaranya tersimpan di gudang Bulog Tanah Grogot. 

"Secara bertahap akan ada pemindahan stok beras dari gudang Penajam ke Paser  sebanyak 750 ton. Jadi total beras di Paser sebanyak 1.000 ton, nah ini bisa bertahan sampai 8 bulan," terang Panji.

Sementara untuk gula, Bulog telah menyediakan 5 ton. Sedangkan 15 ton dari Balikpapan siap dikirim jika stok gula di Paser telah habis. "Kalau minyak, 1.400 liter juga ada, kemudian stok cadangan  sebanyak  400 liter di gudang Balikpapan.

Sedangkan untuk daging, Bulog sudah menyiapkan 500 kg dan dalam waktu dekat akan dikiriman  sebanyak 6 ton dari Jakarta.

Sebelumnya satgas Pangan yang terdiri dari unsur Pemkab Paser dan kepolisian telah melakukan sidak ke pasar Senaken untuk mengecek ketersediaan bahan pokok. Berdasarkan hasil sidak ternyata yang menjadi sorotan adalah melonjaknya harga bawang putih yang mencapai Rp130 ribu per kilogramnya.

"Untuk bawang putih tidak ada dalam operasi pasar, kami masih menunggu arahan pimpinan dari pusat. Operasi Pasar kami rencanakan di minggu kedua bulan Ramadan," pungkas Panji.(MC kominfo Paser)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019