Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) ke-55, oleh pemerintah setempat akan menggelar berbagai kegiatan, di antaranya pentas musik tradisional, panji keberhasilan, dan berbagai lomba olahraga prestasi.

?Setidaknya ada 10 lomba yang akan digelar dalam rangka HUT Provinsi Kaltim ke- 55, yakni lari 10 K, turnamen golf, panjat tebing, poco-poco dan aerobik, futsal, memancing, gepuk bantal, tarik tambang, voli, dan bulu tangkis,? ujar Kepala Biro Pemerintahan Setprov Kaltim, Sri Sulasmi Retno di Samarinda, Rabu.

Dia melanjutkan, untuk urutan kegiatan yang digelar Pemprov Kaltim adalah, pada Jumat (6/1) pukul 09.00 di Pendopo Lamin Etam akan dilakukan penyerahan Satya Lencana kepada 200 Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kemudian Sabtu (7/1) pukul 08.00 ? 14.00 dilakukan penanaman 2 juta pohon di Delta Mahakam. Penanaman pohon ini sebagai tindak lanjut dari Program Kaltim Green (Kaltim Hijau) yang telah ditetapkan pemerintah setempat.

Pada Minggu (8/1) pukul 06.00 dilakukan olahraga ringan berupa sepeda santai dengan peserta sekitar 2.000 orang. Selanjutnya pada malamnya, yakni pukul 19.30 dilakukan acara berupa Malam Penganugerahan Kaltim Award.

Penganugerahan itu di antaranya bidang seni dan budaya, pendidikan, olahraga dan lainnya. Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan dan tropi, serta diselingi penampilan musik dan tari tradisional.

Selanjutnya pada Senin (9/1) yang merupakan bertepatan dengan hari jadi Pemprov Kaltim, akan dilakukan upacara peringatan HUT Pemprov di Stadion Madya Sempaja, Samarinda. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak.

Dalam rangakaian upacara tersebut, akan dilakukan penyerahan Panji Keberhasilan Pembangunan di berbagai bidang, baik bidang pendidikan, lingkungan hidup, Keluarga Berencana (KB) dan lainnya.

Selain itu, akan disajikan pula tarian massal yang merupakan kolaborasi Tari Dayak dan Tari Pesisir Malinau. Kemudian akan dimeriahkan drum band dari PKT Bontang, dan group band Ungu.

Pada malam harinya sekitar 19.30 hingga 22.00 akan digelar hiburan yang menampilkan Iis Sugiarto, Christine Panjaitan, dan Bhetario Sonata. Hiburan artis ibukota ini akan dilangsungkan di Ruang Serbaguna, Stadion Sempaja Samarinda.  (*)


Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012