Meski pemilu serentak sudah lewat, namun pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Paser  tetap ramai.


Hal itu terlihat dari aktivitas pelayanan di Kantor  Disdukcapil Paser selalu dipenuhi warga yang mengurus administrasi kependudukan seperti akta kelahiran dan akta kematian serta E- KTP.

"Setelah pelaksanaan Pemilu, warga tetap ramai datang ke sini dan kami tetap memberikan pelayanan maksimal, buka  dari pukul 07.30 sampai 15.00 Wita,"kata Kepala Disdukcapil Paser  Suwardi, Rabu (24/4).

Ia menceritakan, sebelumnya beberapa hari menjelang pencoblosan, permohonan untuk mendapatkan E-KTP sangat tinggi. Sebab akan digunakan untuk  menyalurkan hak pilihnya  di TPS , terutama mereka yang tidak mendapat undangan atau tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Pada saat mendekati Pemilu serentak 17 April 2019, pemilihan Presiden dan anggota legeslatif  kami  bekerja lembur.  Bahkan hari libur pun kami  tetap buka  memberikan pelayanan," katanya.

Lanjut Suwardi dalam memberikan pelayanan maksimal kepada warga tersebut tujuannya, agar masyarakat  yang belum memiliki E-KTP , dapat memilikinya sehingga bisa  digunakan untuk menyalurkan hak politiknya pada saat pencoblosan.

Suwardi menambahkan sebenarnya pelayanan adminitrasi kependudukan bukan hanya pelayanan perekaman dan pencetakan E-KTP tetapi juga pelayanan lainnya seperti pengurusan kartu keluarga (KK)  akta kelahiran maupun akta kematian . (MC Kominfo Paser)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019