Dinas teknis di Mahakam Ulu, kabupaten perbatasan di Provinsi Kalimantan Timur, menyatakan dalam waktu dekat jaringan internet, terutama di ibukotanya akan lancar, karena telah dilakukan kerja sama dengan PT Telkom untuk pemasangan Indihome.
 

"Material untuk pemasangan jaringan internet via Indihome sudah sampai di Ujoh Bilang, kemarin, sehingga dalam waktu dekat bisa beroperasi setelah proses pemasangannya tuntas,” ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Nasution Hibau Djaang di Ujoh Bilang, Selasa.

Pemasangan Indihome oleh BUMN PT Telkom yang dalam waktu dekat ditawarkan untuk Ujoh Bilang, Ibu Kota Mahulu ini merupakan paket fiber karena saat ini telah beroperasi Fiber Optik (FO) mulai Ujoh Bilang dan sekitarnya hingga kawasan hilir Mahulu.

Bentangan jaringan kabel FO ini melalui proyek Palapa Ring Paket Wilayah Tengah yang dibangun melintasi 17 kabupaten/kota di Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi dan Provinsi Maluku Utara sepanjang 2.995 kilometer (km).

Untuk Kabupaten Mahulu, lanjutnya, proyek ini telah selesai 100 persen yang dikerjakan oleh PT Len Telekomunikasi Indonesia (LTI), bahkan sudah selesai terbangun lima unit Repeater Palapa Ring pada 2018 lalu.

Lima unit Repeater Palapa Ring itu adalah R-2 di Kampung Mamahak Teboq, R-3 di Long Gelawang, R-4 di Mamahak Hilir, R-5 di Long Melaham, dan Terminal Station (TS) di ibukota kabupaten, yakni Kampung Ujoh Bilang.

Semua perangkatnya seperti power cube dan transmisi backbone untuk kelengkapannya sudah terinstal, sehingga beroperasinya FO ini memungkinkan akses internet 4G (generasi keempat).

Ia melanjutkan, untuk layanan internet yang ditawarkan oleh PT Telkom yang memanfaatkan FO terdapat tiga paket, pertama adalah Paket 3P Indihome New Premium dengan tiga pilihan kecepatan, yakni 30 Mega Byte per second (MBps), 20 MBps, dan 10 MBps dengan harga paket maksimal Rp808.500 per bulan.

Kedua adalah Paket 3P Indihome Promo Fantastik Deal yang memiliki tiga pilihan kecepatan  sama dengan paket pertama, dengan harga paket maksimal Rp654.500 per bulan sudah termasuk pajak. Paket promo ini akan berakhir pada 30 April 2019.

Ketiga adalah Paket 3P Indihome Gamer dengan tiga pilihan kecepatan akses yang juga sama dengan paket lainnya, yakni 30 MBps, 20 MBps, dan kecepatan 10 MBps dengan harga paket maksimal Rp748 ribu per bulan termasuk pajak.

"Sedangkan untuk kampung dan kecamatan lain yang belum terjangkau FO, layanan internet akan menggunakan radio/speaker yang bebas biaya pemasangan. Sedangkan untuk biaya seting sebesar Rp150 ribu per unit dengan biaya per bulan antara Rp350 ribu hingga Rp450 ribu,” ujar Hibau.    

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019