Kaliorang (Antaranews Kaltim) – Warga Kecamatan Kaliorang  Kabupaten Kutai Timur kini sudah dapat menikmati listrik 24 jam, setelah Bupati Kutai Timur Ismunandar meresmikan penggunaan listrik di Kantor Desa  Bumi Sejahtera, Selasa (19/2)
 

Pada peresmian  itu Ismunandar didampingi Manager PLN Area Sangkulirang ,Dani Febriansyah, Camat Kaliorang Simon Salombe,  Kabag Humas dan Protokol Imam Sujono Lutfi .

"Untuk tahap pertama pelayanan  listrik PLN  24 jam baru dapat dilakukan di dua desa yaitu SP 3 dan SP 5 , untuk   tiga desa lainnya menyusul akan  mendapatkan aliran listrik yang sama," beber Ismunandar.

Sedangkan untuk pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga Kaliorang sejak tahun lalu sudah masuk di Desa Bukit Makmur, Bangun Jaya, Citra Manunggal Jaya dan Bumi Sejahtera. Bahkan sudah ada laporan  progres dari pelaksana tugas PDAM Suparjan .

"Tahun ini  PDAM tengah mempersiapkan instalasi pipa jaringan sambungan rumah . Namun untuk  jalan simpang 4 solusinya  menggunakan anggaran multiyears, karena keterbatasan dana," katanya.

Ismunandar berharap kedepan persoalan ini segera teratasi dan meminta kerja sama camat dan kades untuk mempertajam program menuju desa berkembang apalagi KEK MBTK Maloy sebentar lagi beroperasi . Tentunya hal itu  akan memberi dampak perekonomian bagi  masyarakat Kaliorang.

Sementara itu, Manager PLN Area Sangkulirang Dani Febriansyah menjelaskan PLN terus bersinergi dengan Pemkab Kutim dalam  pemenuhan listrik di Kecamatan Kaliorang.

"Kami sudah mendirikan tiang dan pemasangan kabel saluran ke desa-desa, setelah ini kita akan melanjutkan ke calon pelanggan PLN seluruh desa di Kaliorang agar seluruh warga desa terpenuhi," jelasnya.

Dani menambahkan untuk daya listrik mendapat suplai dari Kecamatan  Sangkulirang yang berlebihan dan dimanfaatkan  ke Kecamatan  Kaliorang.  Meski demikian ada kendala awal pemasangan  jaringan listrik di Kaliorang  yakni harus merintis  dengan menebang  pohon untuk instalasi jaringan .

"Kami harus mensosialisasikan kepada  warga agar pohon-pohon di depan pekarangan rumah harus dibersihkan untuk memudahkan  PLN  dalam memasang jaringan listrik," kata  Dani.

Pada kesempatan itu juga Kepala Desa Bumi Sejahtera ,Dedi Rahmat  sangat gembira dengan berfungsinya listrik 24 jam di desanya.

"Kami sangat bersyukur  penantian masyarakat selama 30 tahun akhirnya dapat teraliri listrik 24 jam." katanya.

Dedi Rahmat menjelaskan  sebelumnya desa mereka hanya di aliri listrik  selama 6 jam,  mulai pukul 18.00 hingga  pukul  12 malam.  Tetapi sakarang sudah bisa dinikmati  oleh 400 KK dengan jumlah warga sebanyak 1.300 jiwa.(*)

Pewarta: Wardi Kutim

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019