Bontang (ANTARA News Kaltim) - Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Timur menilai, Kwartir Cabang Kota Bontang sebagai salah satu kwarcab tergiat dalam melaksanakan berbagai kegiatan kepramukaan di wilayahnya.

"Kwartir Cabang Bontang dinilai Kwarda Kaltim termasuk kwarcab tergiat, karena itu pada Sabtu (19/11) lalu mendapat penilaian tim dari kwarda, setelah penilaian di Kwarcab Kutai Timur," kata Pengurus Kwarcab Bontang, Budi Suprayitno, di Bontang, Senin.

Tim penilai Kwarda Kaltim terdiri dari tiga orang, Suprayitno dan Aswin dari Kwarda dan seorang dari Dewan Kerja Daerah Provinsi Kaltim.

"Sebanyak 50 item penilaian menjadi skor penilaian, seluruh kegiatan yang dilakukan kwarcab menjadi poin penilaian. Demikian juga kondisi kwarcab, kekuatan pramuka siaga, pengalang, penegak, kegiatan yang diikuti, pertemuan siswa didik dan pendidik, peran majelis pembimbing dalam dukungan sarana prasarana dan dana bagi kwarcab," terang Budi.

Dari kunjungan penilaian ke kwarcab Bontang, diakui ada hikmah bagi kwarcab untuk lebih tertib administrasi dan dokumentasi lagi.

"Kadang ada kegiatan yang dilakukan kwarcab, tetapi tidak didokumentasikan. Misalnya kami telah menggelar karang pamitraan yakni pertemuan para pembina tetapi ketika tidak ada bukti administrasi dan foto kegiatan maka Bontang terpaksa kehilangan nilai," katanya.

Budi mengakui kadang hanya kegiatan besar yang diperhatikan, namun ke depan Kwarcab Bontang akan lebih disiplin dan tertib lagi melaksanakan semua kegiatan.

Ia juga optimistis optimistis Kwarcab Bontang akan masuk sebagai salah satu pemenang.

Pemenang dari penilaian kwarcab teraktif ini akan diundang dalam hari ulang tahun Provinsi Kaltim tanggal 9 Januari 2012. (*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011