Tenggarong (ANTARA News Kaltim) - Ratusan peserta yang terdiri kalangan pelajar SMP dan SMA, mahasiswa, anggota organisasi kemasyarakatan (ormas), serta tokoh pemuda dan masyarakat mengikuti sosialisasi mengenai narkoba dan HIV-AIDS, Selasa.

Acara yang digelar oleh bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) di Gedung Puteri Junjung Buyah Tenggarong itu merupakan kegiatan rutin tahunan, yang bertujuan untuk memproteksi generasi muda Kukar dari bahaya Narkoba dan AIDS.

"Kegiatan ini dimaksudkan agar para peserta sosialisasi mengetahui tentang bahaya Narkoba dan AIDS, serta bagaimana pencegahannya," ujar Ahmad Sarbini, panitia acara tersebut.

Sedangkan narasumber sosialisasi itu adalah pejabat dari Badan Narkotika Nasional, Dinas Kesehatan dan Kantor Kementrian Agama Kukar.

Sementara itu staf ahli bidang kemasyarakatan dan sumberdaya manusia Setkab Kukar, Indra, saat membuka acara itu mengatakan bahwa Narkoba dan AIDS merupakan ancaman kehidupan yang merusak bangsa terutama generasi muda.

"Cita-cita pembangunan terancam gagal jika pondasinya (generasi muda.red) rusak oleh narkoba maupun AIDS. Untuk itu perlu dilakukan pencegahan yang dilakukan oleh semua komponen," ujarnya di hadapan peserta.

Dikatakan Indra, pencegahan bisa dilakukan melalui penyuluhan-penyuluhan terutama bagi remaja, agar remaja dapat mengetahui bahaya Narkoba dan AIDS sehingga mampu menjauhkan diri dari dua hal tersebut.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa upaya mencegah bahaya Narkoba dan AIDS membutuhkan penanganan yang terintegrasi dan menyeluruh, sehingga dibutuhkan komitmen dan dukungan dari berbagai lembaga, di antaranya pendidikan, keagamaan, LSM, pemerintah dan masyarakat.

"Mari kita berupaya bersama menciptakan generasi sehat yang bebas narkoba dan AIDS, agar cita-cita pembangunan bisa diteruskan menuju kemajuan daerah dan bangsa," ajaknya.

Pembukaan sosialisasi itu ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis oleh Indra didampingi Ahmad Sarbini. (*)


Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011