Samarinda (Antaranews Kaltim) -  Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi mengajak wartawan di Kaltim harus mampu berperan meluruskan berita hoax yang beredar secara luas membuat masyarakat resah.


"Wartawan harus mampu meluruskan berita hoax, dilakukan secara  profesional dengan menggali  informasi  detail dan benar agar berita yang disampaikan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat,"kata Hadi Mulyadi ketika dikonfirmasi usai membuka sosialisasi Uji Kompetensi Wartawan (UKW), di Pendopo Laim Etam, Rabu (14/11).

Ia menilai, peran  wartawan  sangat penting dalam penyebarluasan informasi  sehingga dituntut profesional ,kualitas dan kompetensinya. Jika kualitas wartawan meningkat maka  dipastikan akan semakin baik pula berita-berita yang dihasilkan.

Lanjut Hadi terlebih era kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) seperti sekarang menempatkan informasi yang disampaikan wartawan menjadi berita dunia, tidak lagi   hanya menjadi konsumsi khalayak di daerah.
 
Oleh karena itu seorang wartawan harus profesional dan berkompeten karena sedikit saja salah tulis akan menjadi berita dunia yang dikonsumsi secara luas oleh masyarakat dunia maya.

Menurutnya sejalan dengan  peningkatan kompetansi wartawan , tidak hanya memburu berita tapi juga harus rajin membaca dan belajar agar pengetahuannya semakin luas. 

"Saya yakin wartawan di Kaltim profesional, berkualitas dan andal dengan tulisan-tulisannya yang luar biasa,melakukan fungsi kontrol  berperan dalam  pembangunan Kaltim,"kata Hadi Mulyadi.
 
Sementara sosialisasi Uji Kompetensi Wartawan diikuti ratusan peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kaltim, mahasiwa, dan kalangan wartawan. Khusus peserta Uji Kompetensi Wartawan diikuti sebanyak 21 orang terdiri dari 14 orang wartawan muda atau reporter dan 7 orang wartawan madya atau redaktur.

Pada kegiatan sosialisasi  UKW  itu Pemprov Kaltim bekerjasama dengan PWI Kaltim  dan pihak panitia  menghadirkan   Cahyono Adi  dari Departemen Bidang Organisasi dan Pembinaan Daerah PWI Pusat,  Ketua PWI Cabang Kaltim, Endro S. Efendi, dan Kepala Biro LKBN Antara Kaltim,Abdul Hakim Muhiddin.(*)
 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018