Sangata (ANTARA News Kaltim) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur menyatakan, pelaksanaan program Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) mengalami banyak kemajuan.  

"Pelaksanaan di lapangan mengalami kemajuan yang signifikan, seperti pendataan dan verifikasi penduduk diharapkan sudah selesai akhir bulan November 2011 ini," kata Kepala Disdukcapil Kutim,  Hadjrat Husein, Senin.

Menurut Hadjrat Husein, hingga saat ini Pendaftaran dan verifikasi sudah berhasil menyelesaikan 750 desa dari 1.150 RT di 18 kecamatan se-Kabupaten Kutai Timur.

"Sudah 750 RT dari jumlah 1.150 RT dari 135 desa dan 18 Kecamatan se-Kutai Timur atau 70 persen sudah selesai didata dan diverifikasi. Kami yakni akhir desember 2011 selesai," kata Hadjrat Husein.

Ia berharap sesuai target pemerintah, bahwa pendataan dan verifikasi kependudukan selesai tahun 2011 dan tahun 2012 mendatang  pelaksanaannya tuntas akhir tahun 2012.

Saat ini juga Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kutai Timur  masih fokus menyiapkan sumber daya tenaga operator komputer dan staf lainnya, yang nantinya  akan ditempatkan di masing-masing kecamatan masing-masing tiga orang.

"Kami masih menunggu peralatan sidik jari dari dan sidik alis mata dari Jakarta. Juga akan membeli pengadaan mesin lampu dan komputer  untuk setiap kecamatan," kata Hadjrat Husein.

Mesin genset/listrik harus ada di setiap kantor camat, karena pelaksanaan e-KTP akan dilakukan di masing-masing Kantor Camat, bukan lagi di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, seperti pembuatan Kartu Tanda Penduduk KTP biasa.

Kepala Disdukcapil Hadjrat Husein berharap pelaksanaan e-KTP di Kutai Timur berjalan lancar, suskes dan selesai sesuai target pemerintah.

Hajrat Husein mengatakan, kendala yang diperkirakan akan menghambat pelaksanaan e-KTP di lapangan adalah masalah  geografis, beberapa wilayah sulit dijangkau dan juga peralatan. (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011