Tana Paser (Antaranews Kaltim)-Pemerintah Kabupaten Paser mengalokasikan dana sebesar Rp1 miliar untuk beasiswa bagi mahasiswa yang ada di daerah itu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Paser Mukhsin mengatakan anggaran tersebut dialokasikan bagi mahasiswa berprestasi yang dikategorikan warga tidak mampu.

"Tahun 2019 kita alokasikan anggaran Rp1 miliar untuk beasiswa mahasiswa berprestasi dan tidak mampu," katanya di Tanah Grogot  Senin (5/11).

Pemberian beasiswa  tersebut dinamakan “Beasiswa Paser Kemilau” akan dibuka pendaftarannya secara daring atau online, berbeda  pada tahun sebelumnya yang dibuka secara manual.

Ia mengatakan  pendaftaran beasiswa melalui website yang secara teknis dikelola Bagian Bina Kesra, diperuntukkan seluruh mahasiswa Kabupaten Paser baik yang menempuh perkuliahan di Kabupaten Paser maupun di luar daerah.

Mukhsin berharap dengan dibukanya pendaftaran beasiswa  nantinya akan memudahkan para mahasiswa yang berkuliah di luar daerah untuk  mendaftar karena  bisa di akses melalui online.

Menurutnya beasiswa Paser Kemilau  terakhir  kali diberikan Pemkab Paser  dua tahun lalu yakni pada tahun 2016. Kemudian  pada 2019 kembali  dialokasikan anggaran sebesar Rp1 miliar untuk beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan tidak mampu.

Mukhsin menambahkan  pemerintah Provinsi Kaltim  sebelumnya juga memberikan beasiswa yang diberi nama “Beasiswa Kaltim Cemerlang” , namun setiap tahunnya beasiswa yang  diberikan mahasiswa maupun pelajar   cenderung mengalami penurunan .

"Penurunan  itu dikarenakan Pemerintah Provinsi  Kaltim mengalami defisit  anggaran," tegasnya. (*/Kominfo Paser)

 

Pewarta: R.Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018