Tana Paser (Antaranews Kaltim)-Sejumlah instansi pemerintah maupun  organisasi kemasyarakatan (ormas)  di Kabupaten  Paser  hingga saat ini  terus  menggalang    bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Palu. 

Penggalangan  bantuan  tersebut di antaranya   oleh  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kodim O904/TNG, Polres Paser, organisasi kemasyarakatan (ormas) dan organisasi kemahasiswaan.

"Kami terus mengumpulkan  bantuan walaupun sebelumnya  telah  mengirimkan  pakaian layak pakai  melalui  PT Pos Indonesia ," kata Kepala Pelaksana BPBD Paser ,Edward Effendi, Minggu (7/10).

Adapun  bantuan  yang terkumpul  antara lain  berupa pakaian bekas layak pakai sebanyak 21 karung  yang juga  merupakan hasil  penggalangan  beberapa organisasi.

Penggalangan bantuan kemanusian  untuk korban gempa  Palu juga dilakukan oleh  Kodim 0904/TNG  berupa makanan, pakaian layak pakai dan sejumlah dana. 

" Kodim Tanah Grogot dan Persit  mengumpukan   pakaian layak pakai, makanan,  dan bantuan dana yang dihimpun di Kodam  VI Mulawarman di Balikpapan," kata Dandim 0904 TNG, Letkol (Arh) Ardian Patria Chandra. 

Hal serupa juga dilakukan  oleh  Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah (IMM) Cabang Paser. 

Kepala bidang  organisasi IMM Paser , Andri Rifandi  mengatakan pihaknya telah mengumpulkan dana sebesar Rp33 juta lebih.  Seluruh bantuan tersebut   dikumpulkan menjadi satu  di Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Balikpapan yaitu  lembaga  penanggulangan bencana milik Muhammadiyah.

"Bantuan yang telah terkumpul  di MDMC Balikpapan, Alhamdulilah  hari ini  telah dikirimkan ke Palu," kata Andri.

Sementara itu selain  Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah (IMM) Cabang Paser, penggalangan bantuan korban gempa dan tsunami juga dilakukan oleh  mahasiswa yang terhimpun dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Paser.

"Alhamdulillah dalam tiga hari penggalangan dana yang dilakukan teman-teman telah terkumpul sebesar  Rp7 juta lebih dan secepatnya akan kami kirimkan untuk para korban  gempa  dan tsunami di Palu," kata Ketua HMI Cabang Paser Ahmad Kausari.(*/Kominfo Paser)

Pewarta: R.Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018