Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Sebanyak 12 hotel di Samarinda, Kalimantan Timur akan ikut berpartisipasi pada Festival Mahakam yang akan digelar 11-15 November 2011.

"Sebanyak 12 hotel berbintang akan ikut berpartisipasi yang akan mendukung salah satu kegiatan pada Festival Mahakam XI 2011 ini," ungkap Ketua Tim Penggerak PKK Samarinda, Puji Setyowati Syaharie Jaang, Rabu (9/10).

Keikutsertaan ke-12 hotel tersebut, kata Puji Setyowati, yakni memberikan tempat pajangan atau etalase bagi kue dan jajanan pada lomba masakan dan kue tradisional.

"Pihak hotel akan membatu para peserta dengan memajang hasil masakan sekaligus memberikan trik dan pengetahuan tata letak dan cara penyajian jajanan dan makanan agar terlihat indah dan rapi," katanya.

"Dukungan hotel di Samarinda ini cukup memberikan kontribusi dan kami berharap agar pada pelaksanaan Festival Mahakam berikutnya keterlibatan hotel di Samarinda jauh lebih besar sebab dampaknya juga akan dirasakan pengelola hotel karena kegiatan ini juga tidak terlepas dari upaya merangsan wisatawan berkunjung ke Samarinda," kata Puji Setyowati.  

Lomba makanan dan kue tradisional yang akan dilaksanakan Sabtu (12/11) di Tepian Sungai Mahakam akan diikuti 100 peserta, masing-masing 50 peserta untuk lomba masakan tradisional dan 50 peserta lagi lomba kue tradisional.

"Lomba masakan dan kue tradisional ini dikoordinir Tim penggerak PKK Kota Samarinda yang akan diikuti para peserta dari PKK kecamatan, PKK Kelurahan dan beberapa organisasi kewanitaan," ungkap Puji Setyowati.

Penyelenggaraan lomba makanan dan kue tradisional tahun ini kata dia sedikit berbeda pada Festival Mahakam sebelumnya sebab pesertanya lebih banyak dan mendapat dukungan dari 12 hotel berbintang yang ada di kota Samarinda.

Penilaian lomba masakan dan kue tradisional tersebut lanjut dia yakni pada rasa, bentuk serta tata letak masakan.

"Lomba ini bukan semata mengejar hadiah tetapi pada lebih diarahkan untuk memeriahkan Festival Mahakam. Tim juri berasal dari PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Samarinda," katanya.

"Hasil lomba ini akan dinikmati bersama masyarakat yang datang sekaligus sebagai ajang wisata kuliner pada Festival Mahakam," ungkap Puji Setyowati.

Selain lomba makanan dan jajanan tradisional, Festival Mahakam merupakan kegiatan budaya yang menitiberatkan pada kegiatan di Sungai Mahakam sebagai ikon Kota Samarinda juga akan dilaksanakan berbagai kegiatan lainnya diantaranya, Mahakam Expo yang akan diikuti 26 UMKM termasuk BNN, lomba menyeberangi Sungai Mahakam dengan cara berenang, parade Tambangan yang merupakan salah sato moda transportasi tradisional di Samarinda, parade ces atau perahu mesin serta jetsky. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011