Tana Paser (Antaranews Kaltim) – Taman Hutan Raya (Tahura) Lati Petangis Kabupaten Paser telah menyiapkan ribuan bibit pohon bagi masyarakat yang turut berpartisipasi dalam program penghijauan dan pelestarian lingkungan di area konservasi itu.

Kabid Pengelolaan Tahura pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser,Teguh Haryanto mengatakan pihaknya telah menyiapkan berbagai jenis bibit  pohon kayu-kayuan  seperti meranti, keruing, maupun bibit pohon produktif seperti durian dan elai.

“Karena animo masyarakat tinggi untuk menanam di Tahura, kami telah menyiapkan 3.000 bibit  pohon kayu dan pohon produktif,” kata Teguh di Tanah Grogot, Rabu (5/9)

Penanaman pohon di kawasan Tahura banyak direspon masyarakat, terutama pelajar, kelompok tani, dan pelaku usaha.

Menurutnya partisipasi masyarakat cukup tinggi,  banyak  permintaan dari sekolah-sekolah, kelompok masyarakat, mahasiswa dan pelaku usaha dan  Alhamdulillah stok cukup tersedia.

Teguh menjelaskan untuk turut berpartisipasi dalam penghijauan di Kawasan Tahura  tidak dipungut biaya, cukup mengajukan permohon ke DLH, nanti disiapkan lahan beserta jumlah bibit yang ingin ditanam.

lanjut dia saat ini petugas Tahura  terus melakukan kegiatan persemaian dan pembibitan pohon untuk memenuhi kebutuhan bibit yang akan ditanam. 

Teguh berharap kegiatan itu dapat memenuhi stok dari permintaan masyarakat dalam program penghijauan di kawasan konservasi itu.

“Kita terus melakukan persemaian dan pembibitan. Harapannya stok bibit selalu siap agar dapat memenuhi kebutuhan,” pungkas Teguh. (*/Kominfo Paser)

Pewarta: R.Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018