Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Wakil Ketua DPRD Kaltim asal Fraksi Partai Demokrat, Yahya Anja, mendesak Pemprov Kaltim memberikan dukungan untuk  Program Dewan Adat Dayak Kalimantan Timur (DADKT), dengan memberikan bantuan anggaran yang memadai pada APBD 2012.

"Saudara-saudara  kami dari DADKT telah menyampaikan aspirasi mereka ke DPRD Kaltim menyangkut berbagai program mereka, maka sudah sepatutnya Pemprov Kaltim memberikan dukungannya. Saya sendiri akan berjuang maksimal melalui DPRD Kaltim agar ada alokasi anggaran yang memadai untuk DADKT pada APBD 2012 ini," kata Yahya Anja, di Samarinda, Senin.

Menurut politisi asal Dapil I Samarinda ini, DADKT berencana membangun Lamin Adat Dayak di Jalan Ki Hajar Dewantara, Kelurahan Gunung Kelua, Samarinda Ulu, yang diperkirakan menelan anggaran Rp45 miliar.

Selain itu, juga berencana membangun gedung asrama putra-putri, sekolah bertaraf internasional dan rumah sakit dengan anggaran sekitar Rp342,3 miliar. Seluruh bangunan diharapkan dapat difungsikan tahun 2015.

"Sedangkan Mei 2012 DAKT akan menggelar Festival Parade Budaya, yang di dalamnya ada prosesi pemberian gelar dan nama adat kepada Presiden SBY serta Ibu Ani Yudhoyono. Anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp3 miliar. Pemprov Kaltim harus mendukung semua program DADKT tersebut," kata Yahya.

Selain dukungan dari pemerintah, Yahya Anja mengimbau kalangan swasta dapat membantu suksesnya program-program DADKT tersebut. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011