Ujoh Bilang (Antaranews Kaltim) - Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh membakar semangat Praja Muda Karana (Pramuka) dengan mengatakan bahwa setiap anggota Pramuka harus berjiwa patriotisme agar daerah bahkan negara cepat maju dan mandiri.

"Pramuka harus berjiwa patriotisme. Jadilah patriot bangsa yang selalu kokoh, menghayati dan mengamalkan Pancasila, menjaga Bihinneka Tunggal Ika demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujar Boni saat memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-57 yang berlangsung di lapangan SMA Negeri 1 Long Bagun, Selasa.

Patriotisme merupakan sikap yang berani, pantang menyerah dan rela berkorban demi bangsa dan negara. Patriotisme berasal dari kata "patriot" dan "isme" yang berarti sifat kepahlawanan atau berjiwa pahlawan.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengingatkan agar anggota Pramuka lebih memaknai lagu dalam Himne Pramuka yang liriknya Kami Pramuka Indonesia, Manusia Pancasila, Satyaku kudarmakan, Darmaku kubaktikan, Agar jaya Indonesia, Indonesia Tanah airku, Kami jadi pandumu.

Jika himne ini dapat dimaknai maksud dan tujuannya, maka setiap Pramuka akan bersatu, bergotong royong dalam dalam banyak hal sehingga budaya gotong royong ini akan tertanam selamanya, bahkan semangat Kebhinekaan juga tidak luntur dan tidak mudah diadudomba oleh siapa pun.

Ia melanjutkan, Pemkab Mahulu berkomitmen dalam mendukung dan membangun kegiatan Pramuka, yakni dengan mengalokasikan dana untuk kegiatan Pramuka dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Sejak bersama Juan Jenau dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Mahulu, lanjut Boni, sejak itu pula anggaran untuk pembinaan Pramuka selalu dianggarkan, hal ini dilakukan tentunya untuk mendukung program Pramuka.

Ia melanjutkan, kata Pramuka yang berasal dari Praja Muda Karana, memiliki arti sekumpulan anggota anak muda yang giat berkarya, hal ini jelas bertujuan menjadikan Pramuka sebagai wadah dalam memacu semangat anggotanya untuk terus berkarya dan selalu berinovasi.

Untuk itu ia berpesan kepada semua anggota Pramuka selalu memanfaatkan setiap waktu yang ada untuk terus berkarya sesuai dengan kegemaran masing-masing, karena setiap karya yang tercipta sekecil apa pun saat ini, kelak akan dapat dikembangkan dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

"Isilah waktu muda adik-adik dengan hal-hal yang produktif, karena saya yakin generasi muda Indonesia adalah generas yang unggul sehingga generasi Mahulu ke depan akan menjadi orang hebat," ucap bupati memberi semangat. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018