Samarinda (Antara) - PB Persatuan Cricket Indonesia (PCI) tengah menyiapkan timnas kriket untuk persiapan mengikuti prakualifikasi Piala Dunia yang berlangsung di Filipina pada Desember 2018.

Sekjen PB PCI Arsyad Achmadin di Samarinda, Kaltim, Senin, mengatakan, Indonesia masuk dalam zona Asia Pasifik dan akan bersaing dengan tujuh negara lainnya untuk meraih satu tiket menuju Piala Dunia Kriket 2019 mendatang.

"Untuk tempat Piala Dunia 2019 belum diputuskan, tapi kita harus berhasil dulu meraih juara pertama di pra-piala dunia," kata Achmadin.

Saat ini, pihaknya masih melakukan pemantauan di sejumlah daerah dalam rangka memilih atlet terbaik untuk memperkuat timnas.

"Salah satunya di Kaltim ini kami langsung mendatangkan pelatih level dunia asal Inggris, Andy Cottam, untuk memilih atlet di daerah ini," jelasnya.

Ia mengatakan untuk tahap awal, pihaknya berencana memanggil 24 atlet untuk menjalani pelatnas di Bali.

"Saat pelatnas bakal ada pengerucutan atlet menjadi 14 orang dan itulah sebagai tim inti di pra-Piala Dunia," jelasnya.

Soal target, Achmadin mengatakan untuk tim putra peluangnya fifty-fifty, justru kans terbesar ada di tim putri.

"Kami berharap tim putri bisa meraih tiket menuju Kejuaraan Dunia karena peluang tim putri kita memang lebih besar dibanding tim putra," tegas Achmadin.

Ia berharap gairah PB PCI yang cukup rutin mengikuti kejuaraan internasional ini bisa berbanding lurus dengan semangat pembinaan kriket di daerah.

"Harapan kami terus muncul atlet-atlet daerah yang berbakat, dan bisa menjadi andalan timnas di berbagai even," imbuhnya. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018