Tana Paser (Antaranews Kaltim) –  Sekretaris Daerah Kabupaten Paser  Aji Sayid Fathur Rahman mewakili Bupati  menerima 15 peserta Pendidikan dan Pelatihan  (Diklat) Pim 2 dari Pusat Kajian Pendidikan dan Pelatihan Aparatur II (PKP2A II) Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar.

“Kondisi Kabupaten Paser  terdiri dari berbagai suku pendatang di antaranya  berasal dari suku Jawa, Sunda, Sulawesi, Batak, Sasak, NTB, NTT, hingga suku asli pulau  Kalimantan  yaitu suku dayak,” katanya di Pendopo Kabupaten, Selasa (10/7).

Menurutnya  beragam suku yang ada di Kabupaten Paser  sejak tahun 1980 an, Paser terbuka sebagai tujuan transmigrasi.

Selain itu Aji Sayid Fathur Rahman menambahkan  kondisi perkembangan pembangunan dan perekonomian,  hingga sumber daya alam berupa  tambang batu bara yang ada di Kabupaten Paser.

Dia juga berharap kepada para peserta Diklat  dapat memberikan pemikiran dan ide bagi pembangunan   Kabupaten Paser, khususnya pembangunan desa.  “Kami selalu terbuka dengan kritik dan saran sebagai referensi dalam mengambil kebijakan,” ujar Fathur Rahman.

Adapun  peserta Diklat  Pusat Kajian Pendidikan dan Pelatihan Aparatur II LAN Makasar dari berbagai daerah di Sulawesi. Di Kabupaten Paser  mereka akan mengunjungi dua desa yakni Desa Tepian Batang dan Sungai Tuak, Kecamatan Tanah Grogot.

Sementara Widya Iswara PKP2A II LAN Makassar, Dr. Ngadijono, M.ed mengatakan saat mengunjungi lokasi Diklat, para peserta akan membuat proyek perubahan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpinnya.

“ Adapun tujuan dari Diklat ini adalah  untuk memecahkan masalah yang dihadapi di masing-masing OPD. Kunjungan  ini juga sebagai masukan dan referensi atas persoalan masing-masing OPD,” kata Ngadijono.

Ia mengatakan  model diklat Pim 2 Pejabat Eselon kali ini berbeda dengan diklat-diklat yang sebelumnya dilakukan.  Sebelumnya Diklat dilakukan  hanya ke daerah-daerah terdekat dan daerah-daerah yang maju.

“Sekarang Diklat modelnya beda, sekarang Diklat ke daerah yang belum pernah dikunjungi,” tutur Ngadijono. (*/kominfo Paser)

Pewarta: R.Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018